Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023.

Wulansari, Yulika Dwi (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Yulika Dwi Wulansari NIM. T20199020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: problem based learning (PBL), kemampuan spemecahan masalah.

Kurangnya keefektifan dalam pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yakni metode ceramah, menjadi sebab pemilihan judul pada penelitian ini, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test dengan bantuan program SPSS for windows 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil pree test dan post test siswa. rata-rata nilai hasil belajar siswa di kelas eksperimen mendapat skor 52,09 untuk pree test nya dan mengalami peningkatan skor pada hasil post test nya menjadi 85,57. Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut < 0,05. Maka dapat diartikan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: problem based learning (PBL), kemampuan spemecahan masalah.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yulika Dwi Wulansari
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:57
Last Modified: 19 Dec 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30542

Actions (login required)

View Item View Item