PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN CV. PRATAMA DESA KALIBARU MANIS KABUPATEN BANYUWANGI

Mutmainah, Lailatul (2023) PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN CV. PRATAMA DESA KALIBARU MANIS KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi LAILA WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Digital marketing telah berkembang dengan pesat sejak penggunaan internet dan smartphone di Indonesia semakin tinggi. Penerapan digital marketing dilakukan sebagai upaya untuk promosi produk sehingga konsumen dapat mengenal produk yang dihasilkan dan berdampak langsung pada meningkatnya omset dari usaha tersebut. Bisnis signifikan yang baik adalah memberikan keuntungan dari segi omset, inovasi dan daya saing, hal tersebut dapat diperoleh dengan akses internet, media sosial dan lain sebagainya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan digital marketing sebagai upaya strategi pemasaran pada CV. Pratama Desa Kalibaru Manis? (2) Bagaimana kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi CV. Pratama Desa Kalibarumanis?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk memahami dan mendeskripsikan strategi pemasaran melalui digital marketing yang dilakukan oleh CV. Pratama Desa Kalibaru Manis (2) Untuk mengetahui kendala dan manfaat penerapan digital marketing oleh CV. Pratama Desa Kalibaru Manis.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta jenis penilitan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di CV. Pratama Kalibaru Manis. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing dilakukan oleh CV. Pratama sebagai pengembangan strategi pemasaran. Platform yang digunakan dalam penerapan digital marketing adalah Whatsaap, Shopee, Instagram dengan dibantu ole affiliator Instagram. Kendala yang dialami CV. Pratama yaitu telatnya pengiriman, kurangnya SDM atau karyawan, dan sistem pembayaran COD. Dan manfaat digital marketing terhadap CV. Pratama yaitu meningkatnya penjualan, jangkuan lebih luas, dan menghemat biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Lailatul Ektin
Date Deposited: 20 Dec 2023 08:37
Last Modified: 20 Dec 2023 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30544

Actions (login required)

View Item View Item