Dampak Pemanfaatan “Pawon Urip” Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Di Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang.

Riska wati, Nia Ayu (2023) Dampak Pemanfaatan “Pawon Urip” Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Di Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NIA AYU RISKA WATI wtr.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nia Ayu Riska Wati, 2023: Dampak Pemanfaatan “Pawon Urip” Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Di Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang.

Pandemi mengakibatkan banyak dampak terutama pada aspek ekonomi dimana mengakibatkan banyaknya pengangguran yang terjadi. Hal ini membuat pemerintah kabupaten lumajang membuat program pawon urip yang mana masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumah untuk dapat ditanami agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya di desa grobogan kecamatan kedungjajang lumajang.
Fokus Penelitian ini : 1) Bagaimana upaya optimalisasi kegiatan pawon urip di Desa Grobogan? 2) Bagaimana dampak kegiatan pawon urip untuk masyarakat dalam bidang ekonomi di Desa Grobogan?
Tujuan Penelitian : 1) Mendeskripsikan pemanfaatan pawon urip dalam peningkatan perekonomian di Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang. 2) Mendeskripsikan dampak kegiatan pawon urip untuk masyarakat Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang
penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) cara mengoptimalisasi kgiatan pawon urip dengan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan pawon urip berkreatif dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Kesuksesan pemberdayaan ini tidak lepas oleh prinsip- prinsip pemberdayaan yang terdapat empat prinsip yang harus dipegang, yaitu kesetaraan, partisipasi, keswadayaan dan kemandirian, serta prinsip berkelanjutan. 2) dampak pawon urip untuk masyarakat dalam bidang ekonomi dapat dilihat dengan pawon urip mampu menghemat pengeluaran rumah tangga, dan dengan kegiatan pawon urip perekonomian masyarakat yang meningkat serta pemenuhan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nia Ayu Riska Wati
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:06
Last Modified: 20 Dec 2023 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30553

Actions (login required)

View Item View Item