Penerapan Manajemen Zakat di Pondok Pesantren Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo Tahun 2022

Arifin, Samsul (2023) Penerapan Manajemen Zakat di Pondok Pesantren Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAMSUL ARIFIN_E20184024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Samsul Arifin, 2023 : Penerapan Manajemen Zakat Di Pondok Pesantren Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo Tahun 2022.
Penerapan manajemen zakat di Pondok Pesantren Nurul wafa yaitu dengan mengumpulkan mengumpulkan hasil zakat dari daerah atau masyarakat sekitar yang membayar dan santri serta guru yang bergabung atau belajar di Pondok Pesantren Nurul Wafa. Kemudian pendistribusian dana tersebut yaitu melalui program kerja yang ada di lembaga, misalnya untuk dana pendidikan, untuk ekonomi masyarakat sekitar dan untuk kebutuhan sehari-hari yang bersifat sekali pakai.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode penerapan manajemen zakat di Pondok Pesantren Nurul wafa tahun 2022?. (2) Bagaimana dampak yang dirasakan masyarakat dalam penerapan manajemen zakat di Pondok Pesantren Nurul wafa tahun 2022?.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk memahami metode penerapan manajemen zakat di Pondok Pesantren Nurul wafa tahun 2022. (2) 2. Untuk mengetahui dampak yang dirasakan masyarakat dalam penerapan manajemen zakat di Pondok Pesantren Nurul wafa tahun 2022.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan tekhnik purposive dan menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bagaimana metode penerapan manajemen zakat di Pondok Pesantren Nurul wafa tahun 2022, a. perencanaan (planningi) b. pengorganisasian (organizing) c. pengarahan (actuating) d. pengawasan (controling). (2) Bagaimana dampak yang dirasakan masyarakat dalam penerapan manajemen zakat di Pondok Pesantren Nurul wafa tahun 2022 a. Dampak Bagi Pondok Pesantren Nurul Wafa: yaitu meningkatnya penghimpunan dana zakat yang diperoleh. Di dalam pengelolaan dana zakat perlu waktu untuk mencapai sebuah target yang telah di tetapkan oleh pondok pesantren nurul wafa. b. Dampak bagi mustahik : yaitu membantu meringankan kebutuhan ekonomi secara konsumtif.
Kata Kunci : Manajemen, Pendistribusian, Zakat
.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Man Samsul Arifin
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:40
Last Modified: 21 Dec 2023 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item