Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Syamsul Ulum Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Khoirotin, Khoirotin (2023) Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Syamsul Ulum Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOIROTIN_201101050006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Rasa Percaya Diri, Metode Bermain Peran
Rasa percaya diri merupakan syarat utama untuk melanjutkan proses kegiatan
belajar, kurangnya rasa percaya diri akan menghambat pembelajaran selanjutnya. Salah
satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan rasa percaya diri anak adalah
dengan menggunakan metode bermain peran. Di RA Syamsul Ulum Metode bermain
peran Role Playing dipilih sebagai teknik yang tepat sebab memiliki beberapa kelebihan
dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi anak. Bermain peran memiliki
kegunaan yang salah satunya merupakan karena anak lebih senang bermain bersama�sama atau melakukannya dengan teman sebayanya serta membuat si anak merasa
tertantang juga bisa mengekspresikan perilakunya.
Fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana meningkatkan rasa percaya diri anak
kelompok A melalui metode bermain peran di RA Syamsul Ulum Desa Nogosari
Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2023/2024 ? 2. Bagaimana
hambatan-hambatan dalam pelaksanaan meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok
A melalui metode bermain peran anak di RA Syamsul Ulum Desa Nogosari Kecamatan
Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1.Mendeskripsikan bagaimana meningkatkan
rasa percaya diri anak kelompok A melalui metode bermain peran di RA Syamsul Ulum
Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2023/2024.
2.Mendeskripsikan bagaimana hambatan-hambatan dalam pelaksanaan meningkatkan
rasa percaya diri pada anak kelompok A melalui metode bermain peran di RA Syamsul
Ulum Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran
2023/2024?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian Fielf research, Lokasi penelitian di RA Syamsul Ulum , Subjek penelitian
yakni Kepala Sekolah, Guru kelas, dan Wali murid, Teknik pengumpulan data
menggunakan Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis data kualitatif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensi data,
penyajian data dan, kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan 1) Meningkatkan percaya diri anak melalui penerapan
metode bermain peran pada RA Syamsul Ulum, peningkatan yang signifikan dalam
perkembangan percaya diri anak. Anak-anak secara langsung dan spontan melibatkan diri
dalam bermain peran tersebut dengan bimbingan guru. Peran guru di sini adalah
memberikan bimbingan dan fasilitas yang dibutuhkan anak untuk melaksanakan metode
tersebut. Cara guru yang mendukung pelaksanaan kegiatan metode bermain peran antara
lain: a) menyediakan media bermain, b) memberikan reward, dan c) menyelenggarakan
aktivitas: gotong-royong serta senam pagi pada hari Jum’at. 2) Hambatan-hambatan yang
dihadapi oleh Lembaga RA Syamsul Ulum dalam pelaksanaan metode bermain peran
untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak yakni: a) Pola asuh orang tua, b)
Ketergantungan pada orang tua c) Rasa takut dan rendahnya percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms. Khoirotin Khoir
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:43
Last Modified: 20 Dec 2023 04:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30568

Actions (login required)

View Item View Item