Argumen Kebolehan Wanita Bekerja di Luar Rumah Perspektif Al-Qur'an (Studi Pemikiran Nadia Abdurrahman dan Oki Setiana Dewi)

Novia, Badriyah (2023) Argumen Kebolehan Wanita Bekerja di Luar Rumah Perspektif Al-Qur'an (Studi Pemikiran Nadia Abdurrahman dan Oki Setiana Dewi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
sqripsii (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2024.

Download (15MB)

Abstract

Perempuan merupakan salah satu makhluk ciptaan tuhan yang sangat diistimewakan sehingga kedudukan seorang perempuan tidak dapat digantikan oleh makhluk tuhan yang lain. Pembahasan mengenai wanita masih terus digaungkan di masyarakat khususnya yang berkenaan mengenai wanita karier. Pembahasan mengenai wanita karier juga menjadi ketertarikan bagi para cendekia muslimah untuk membahas mengenai wanita karier dalam Al-Qur’an, diantaranya yakni Nadia Abdurrahman dan Oki Setiana Dewi. Pemahaman mengenai wanita karier dalam Al-Qur’an tersebut ketika diangkat oleh para wanita masa kini dengan background yang berbeda yakni Nadia dari kalangan pesantren sedangkan Oki dari kalangan pendakwah yang menjadikan ketertarikan penulis untuk melakukan studi komparatif terhadap pemahaman dari kedua tokoh tersebut. Fokus penelitian ini yakni sebagai berikut: 1) Bagaimana Bagaimana urgensi pemikiran Nadia Abdurrahman mengenai kebolehan wanita bekerja di luar rumah perspektif Al-Qur’an? 2) Bagaimana urgensi pemikiran Oki Setiana Dewi mengenai kebolehan wanita bekerja di luar rumah perspektif Al-Qur’an? 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran Nadia Abdurrahman dan Oki Setiana Dewi mengenai kebolehan wanita bekerja di luar rumah perspektif Al-Qur’an?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode netnografi sedangkan pendekatan dari penelitian ini yakni studi komparatif antara pemikiran Nadia Abdurrahman dengan Oki Setiana Dewi. Adapun Teknik pengumpulan data dari penelitian ini meliputi: menentukan tema, mencari dan mengumpulkan data, melakukan transkip dari beberapa video yang telah dikumpulkan, mengamati data-data yang telah didapat dari channel youtube, melakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh.
Hasil dari adanya penelitian ini yakni didapatkan bahwa: 1) Nadia menjelaskan bahwa seorang wanita boleh untuk berkarir sebagaimana seorang laki-laki dan jika pekerjaan yang dilakukan dengan niat yang baik maka akan diganjar oleh Allah Swt., 2) Oki menjelaskan bahwa seorang wanita boleh keluar rumah dan berkarir sebagaimana para wanita pada zaman Nabi saw dengan syarat-syarat tertentu sebagaimana yang telah dijelaskan. 3) Pendapat Nadia Abdurrahman dan Oki Setiana Dewi mengenai wanita karier dalam Al-Qur’an mempunyai penjelasan yang sama mengenai kebolehan seorang wanita untuk mempunyai karier di luar rumah. Sedangkan perbedaan antara keduanya terletak pada hukum asal wanita karir, ciri khas atau metode dalam memahami ayat Al-Qur’an dan latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh keduanya.
keyword: Wanita Bekerja, Nadia Abdurrahman, Oki Setiana Dewi, Studi Pemikiran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Novi Yatul Badriyah
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:10
Last Modified: 20 Dec 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30569

Actions (login required)

View Item View Item