Analisis Motivasi Nasabah BNI Menjadi Agen Laku Pandai BNI (Agen46) di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo

Hasanah, Nur (2023) Analisis Motivasi Nasabah BNI Menjadi Agen Laku Pandai BNI (Agen46) di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurhasanah_E20171064.pdf

Download (31MB)

Abstract

Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan salah satu lembaga perbankan yang menerapkan program layanan laku pandai (Agen46). Adanya program dari Agen46 BNI, masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan, serta masyarakat awam dapat dijangkau oleh BNI. Masyarakat dapat melakukan berbagai jenis transaksi perbankan tanpa perlu pergi ke kantor cabang bank. Kelancaran pelaksanan program ini didukung oleh nasabah BNI yang bermitra dengan BNI sebagai Agen46.
Fokus penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan program layanan laku pandai BNI (Agen46) di Kecamatan Arjasa Kabupaten Sirtubondo? 2. Apa motivasi nasabah BNI menjadi Agen Laku Pandai BNI (Agen46) di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Untuk memahami pelaksanaan program layanan laku pandai BNI (Agen46) di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. 2. Untuk memahami motivasi nasabah BNI menjadi Agen Laku Pandai BNI (Agen46) di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah suatu prosedur dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi yang telah diperoleh. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Berdasarkan hasil temuan data, penulis menyimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan program layanan laku pandai BNI (Agen46) di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo memberikan kemudahan akses perbankan kepada masyarakat, dan memberikan peluang ekonomi bagi agen-agen yang terlibat. 2. Motivasi nasabah BNI menjadi Agen Laku Pandai BNI (Agen46) terbagi menjadi 3 faktor utama, yaitu motivasi ekonomi, motivasi sosial, dan motivasi berprestasi.

Kata Kunci: Motivasi, Nasabah, Agen46

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms Nur Hasanah
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:30
Last Modified: 20 Dec 2023 04:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30572

Actions (login required)

View Item View Item