Upaya Kepala Sekolah dalam Menanggulangi Delinkuensi dengan Mengembangkan Religiusitas Siswa di SMK Kartini Jember

Toyyibah, Wardatut (2023) Upaya Kepala Sekolah dalam Menanggulangi Delinkuensi dengan Mengembangkan Religiusitas Siswa di SMK Kartini Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WARDATUT TOYYIBAH_T20193022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Delinkuensi, Religiusitas
Delinkuensi adalah perilaku menyimpang yang terjadi pada individu di bawah usia tertentu dan melibatkan pelanggaran terhadap norma sosial dan hukum. Delinkuensi siswa di SMK Kartini Jember mencakup bolos sekolah, perkelahian, merokok, perusakan fasilitas umum, penyalahgunaan narkoba dan perilaku buruk lainnya. bentuk-bentuk perilaku delinkuensi remaja yaitu: delinkuensi terisolir dan delinkuensi neurotik.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Upaya Kepala Sekolah dalam Menanggulangi Bentuk Delinkuensi Terisolir di SMK Kartini Jember?, 2)Bagaimanakah Upaya Kepala Sekolah dalam Menanggulangi Bentuk Delinkuensi Neurotik di SMK Kartini Jember?. Dengan tujuan penelitian 1) Untuk mendeskripsikan dan mengnalisis Upaya Kepala Sekolah dalam Menanggulangi Bentuk Delinkuensi Terisolir di SMK Kartini Jember, 2) Untuk mendeskripsikan dan mengnalisis Upaya Kepala Sekolah dalam Menanggulangi Bentuk Delinkuensi Neurotik di SMK Kartini Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subyek diambil menggunakan teknik purposive diantaranya kepala sekolah, Guru BK, Waka Kesiswaan, dan Ketua OSIS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana melalui langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil dari Penelitian ini yaitu: 1) Delinkuensi terisolir di SMK Kartini Jember mencakup perilaku bolos sekolah, terlambat, merokok, dan lainnya yang dipengaruhi dari teman, keluarga, dan lingkungan. Upaya pencegahannya yaitu dengan peringatan tertulis, konseling, home visit oleh wali kelas, dan juga kegiatan yang menunjang religiusitas siswa seperti kegiatan jumat santri. Penanggulangan melibatkan sanksi disiplin yang melibatkan religiusitas siswa seperti mengaji. 2) Delinkuensi neurotik di SMK Kartini Jember melibatkan perilaku seperti penyalahgunaan narkoba, alkohol, dan kehamilan di luar nikah. Penyebabnya terkait masalah psikologis siswa seperti kecemasan dan depresi. Pencegahan melibatkan konseling, dan kerjasama dengan eksternal dan juga kegiatan religiusitas siswa seperti kegiatan jumat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wardatut Toyyibah
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:33
Last Modified: 20 Dec 2023 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30579

Actions (login required)

View Item View Item