Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Nilai Perusahaan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food and Beverages Periode 2018-2022

Nur Hidayah, Devin (2023) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Nilai Perusahaan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food and Beverages Periode 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DEVIN NUR HIDAYAH 2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, apakah likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dan apakah nilai perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham serta apakah profitabilitas, likuiditas, dan nilai perusahaan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dengan 5 tahun periode. Populasi pada penelitian yaitu perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI sebanyak 42 perusahaan, dengan sampel yang diperoleh sebanyak 21 perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022, sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (EPS) secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, likuiditas (CR) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, dan nilai perusahaan (PBV) berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham, sedangkan secara simultan profitabilitas, likuiditas, dan nilai perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.
Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Nilai Perusahaan, dan Harga Saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Devin Nur Hidayah
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:18
Last Modified: 20 Dec 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item