PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL FALAH SILO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Al Hasani, Alfin Maqsudi (2023) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL FALAH SILO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALFIN WATERMARK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran IPS seiring perkembangan zaman terus mengalami
perkembangan, sehingga untuk mencapai tujuan pembelajaran sangat variatif.
Salah satu tujuan IPS adalah membentuk peserta didik menjadi warga negara yang
baik (civic education). Dalam skala kecil, membentuk peserta didik yang dapat
memahani dan berperan aktif dalam kehidupan sosialnya. Untuk mencapai tujuan
ini, pembelajaran IPS berbasis lingkungan sosial merupakan salah satu alternatif
yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah; 1) Bagaimana materi pembelajaran IPS berbasis
lingkungan sosial di SMP Al Falah Silo tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana
sumber pembelajaran IPS berbasis lingkungan sosial di SMP Al Falah Silo tahun
pelajaran 2022/2023? Dan 3) Bagaimana strategi pembelajaran IPS berbasis
lingkungan sosial di SMP Al Falah Silo tahun pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan berupa model Miles and Huberman. Teknik penentuan subjek penelitian
menggunakan nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling.
Sedangkan, untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik
dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa; 1) materi pembelajaran IPS
berbasis lingkungan sosial di SMP Al Falah tahun pelajaran 2022/2023 yaitu materi
kelas VII BAB 3 Sub-Bab kegiatan ekonomi, Materi IPS kelas VIII BAB 3 Sub-
Bab perdagangan antar daerah atau antar pulau, dan Materi IPS kelas IX BAB 3
Sub-Bab mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 2) Sumber pembelajaran IPS berbasis
lingkungan sosial di SMP Al Falah Silo tahun pelajaran 2022/2023 yaitu produksi
kopi OPOP milik pesantren, Jasa Laundry, produksi karet di PDP Sumber Wadung,
produksi anyaman kerai, bank wakaf pesantren dan kegiatan ekonomi lainnya yang
relevan dengan materi pembelajaran IPS. 3) Strategi pembelajaran IPS berbasis
lingkungan sosial di SMP Al Falah Silo tahun pelajaran 2022/2023 menggunakan
strategi cooperative learning tipe group investigation yang dalam prakteknya
berfokus pada tahap investigasi atau penyelidikan.
Kata kunci: Pembelajaran IPS, Lingkungan Sosial, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Alfin Maqsudi Al Hasani
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:22
Last Modified: 20 Dec 2023 09:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30587

Actions (login required)

View Item View Item