Strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 full day school Jember tahun pelajaran 2022/2023

Damayanti, Rosida (2023) Strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 full day school Jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosida Damayanti_202101030070.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi School Branding, Daya Tarik, Sekolah Dasar

Pendidikan saat ini menghadapi persaingan yang ketat antar sekolah untuk menarik perhatian dan kepercayaan masyarakat dalam mendapatkan peserta didik baru. Hal itu dikarenakan orang tua zaman sekarang lebih selektif dalam memilih sekolah untuk anaknya. Satu upaya yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk mempertahankan eksistensinya adalah school branding, yaitu upaya sekolah untuk membesarkan nama sekolah di mata masyarakat sehingga masyarakat tertarik untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah tersebut. Oleh karena itu strategi school branding berperan penting dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru dan memudahkan sekolah mendapatkan loyalitas pelanggan serta membuka peluang sekolah untuk menetapkan harga jual tinggi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Full Day School Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana dampak strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Full Day School Jember tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Full Day School Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan dampak strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Full Day School Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di SD Al-Baitul Amien 01 full day school Jember adalah a) pelatihan tenaga pendidik dan kependidikan, b) membangun sekolah dengan prestasi, c) promosi, dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu media sosial, juga melalui spanduk dan promosi yang berpengaruh yaitu word of mouth, d) memberikan pelayanan terbaik, e) pembelajaran aswaja, f) menerapkan pembelajaran al-qur’an, dan g) sarana dan prasarana yang memadai. 2) Dampak strategi school branding dalam meningkatkan daya tarik calon peserta didik baru di SD Al-Baitul Amien 01 full day school Jember yaitu a) kepuasan wali murid, b) sekolah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, c) terbentuknya karakter siswa, d) membludaknya para pendaftar, dan e) kepuasan yang dirasakan oleh siswa ketika bersekolah di SD Al-Baitul Amien 01 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Rosida Damayanti
Date Deposited: 20 Dec 2023 08:07
Last Modified: 20 Dec 2023 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30595

Actions (login required)

View Item View Item