Penerapan Media Balok untuk pengenalan huruf Hijaiyah di Kelompok A RA ( Raudhatul Athfal) Al Mukminin Sumberdanti-Sukowono-Jember

Nurul, Faisetud Dekirin (2023) Penerapan Media Balok untuk pengenalan huruf Hijaiyah di Kelompok A RA ( Raudhatul Athfal) Al Mukminin Sumberdanti-Sukowono-Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
WATERMARK_SKRIPSI REVISIAN UDAH ( PRINT ) (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurul Faisetud Dekirin, 2023 : Penerapan Media Balok Untuk Pengenalan
Huruf Hijaiyah Di Kelompok A RA (Raudhatul Athfal) Al-Mukminin
Sumberdanti-Sukowono-Jember.
Kata Kunci : Media Balok, Pengenalan Huruf Hijaiyah
Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang
pendidikan dasar sebagai satu upaya pembinaan bagi anak sejak lahir sampai usia
enam tahun. Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak maka pendidikan
anak usia dini disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan tersebut. Salah
satunya mengenal huruf hijaiyah yaitu suatu alat bantu pembelajaran, baik berupa
media balok, tulisan maupun gambaran yang terbuat dari kayu, kertas, papan.
Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana perencanaan media balok untuk
pengenalan huruf hijaiyah dikelompok A RA (Raudhatul Athfal) Al-Mukminin
Sumberdanti-Sukowono-Jember?2) Bagaimana pelaksanaan media balok untuk
pengenalan huruf hijaiyah dikelompok A RA (Raudhatul Athfal) Al-Mukminin
Sumberdanti-Sukowono-Jember?3) Bagaimana evaluasi media balok untuk
pengenalan huruf hijayah dikelompok A RA (Raudhatul Athfal) Al-Mukminin
Sumberdanti-Sukowono-Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan media balok
untuk pengenalan huruf hijaiyah dikelompok A RA (Raudhatul Athfal) Al￾Mukminin Sumberdanti-Sukowono-Jember.2) Mendeskripsikan pelaksanaan
media balok untuk pengenalan huruf hijaiyah dikelompok A RA (Raudhatul
Athfal) Al-Mukminin Sumberdanti-Sukowono-Jember.3) Mendeskripsikan
evaluasi media balok untuk pengenalan huruf hijaiyah dikelompok A RA
(Raudhatul Athfal) Al-Mukminin Sumberdanti-Sukowono-Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan 1)
perencanaan media balok untuk pengenalan huruf hijaiyah dikelompok A RA Al￾Mukminin tercantum dalam RPPH, media balok ditentukan menyesuaikan tema
pembelajaran. Selain itu guru harus memahami tujuan yang hendak dicapai dalam
pengenalan huruf hijaiyah 2) Pelaksanaan media balok untuk pengenalan huruf
hijaiyah di kelompok A RA Al-Mukmini meliputi kegiatan awal yaitu kegiatan
inti maupun kegiatan penutup. Guru melaksanakan media balok sesuai dengan
kondisi dan keinginan yang dianggap kondusif seperti mengajak anak untuk
Menyusun huruf,, mengenalkan, dan mengucapkan huruf. 3) Evaluasi media
balok untuk pengenalan huruf hijaiayh di kelompok A Al-Mukminin melalui
media balok dilakukan dengan observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh
guru selama pembelajaran berlangsung dan tidak hanya observasi saja guru juga
membuat tabel penilaian pengenalan huruf hijaiyah. guru mengamati peserta didik
Ketika pengenalan huruf, keaktifan peserta didik dalam mengenalkan huruf
hijaiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Nurul Faisetud Dekirin
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:29
Last Modified: 20 Dec 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30596

Actions (login required)

View Item View Item