PENGARUH KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 AJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Saei, Anggie Novita (2023) PENGARUH KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 AJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anggie Novita Sari_T20199027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anggie Novita Sari, 2023: Pengaruh Keterampilan Literasi Informasi Terhadap
Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Ajung Tahun Ajaran
2022/2023
Kata kunci : Literasi informasi, minat baca, mata pelajaran IPS
Literasi informasi adalah kemampuan untuk mengenali kebutuhan
informasi, mencari, menemukan, mengolah, dan mengevaluasi informasi yang
sesuai dan relevan sesuai dengan kebutuhan yang dengan kemudian dikemas
ulang dalam bentuk yang baru agar informasi tersebut terbaharui dan dapat
tersampaikan dengan baik. Sedangkan minat baca adalah aktivitas yang dilakukan
penuh dengan ketekunan dalam rangka membangun pola komunikasi dengan diri
sendiri untuk memperoleh arti tulisan dan menemukan informasi untuk
mengembangkan intelektualitas yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan
perasaan senang yang timbul dari dalam dirinya. Siswa di SMPN 1 Ajung di rasa
masih kurang dalam hal literasi hal ini di buktikan dengan siswa ketika pelaksaan
pembelajaran IPS masih kurang aktif dalam menjawab dan cenderung asal asalan
dalam menjawab ketika di ajukan sebuah pertanyaan. Hal ini akan berbeda jika di
terapkan terapkan literasi informasi sehingga siswa tidak akan asal asalan lagi
dalam menjawab pertanyaan dan juga siswa akan lebih percaya diri untuk
mengikuti pembelajaran kususnya pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah
: Untuk mengetahui pengaruh keterampilan literasi informasi terhadap minat baca
siswa pada pembelajaran IPS di SMPN 1 Ajung.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh
keterampilan literasi informasi terhadap minat baca siswa pada pembelajaran IPS
di SMPN 1 Ajung? Tujuan penelitian ini adalah : untuk menganalisis pengaruh
keterampilan literasi informasi terhadap minat baca siswa pada pembelajaran IPS
di SMPN 1 Ajung
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan uji Validitas dan
Reliabilitas serta uji Normalitas, Linearitas dan Uji Hipotesis.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa : 1) Data hasil analisis dan
penyajian hipotesis adalah sebesar 0.00 yang dapat diartikan hasil tersebut kurang
dari 0.05 dapat diartikan bahwa hasil uji regresi linier sederhana diartikan variabel
independent yaitu keterampilan literasi berpengaruh signifikan dan berpengaruh
positif terhadap variabel dependent yaitu minat baca siswa di SMP Negeri 1
Ajung. 2) Dapat dilihat dari tabel R square di dapat angka 0.370 yang diartikan
bahwa variabel X yaitu keterampilan literasi berpengaruh secara signifikan
sebesar 37,0% terhadap variabel Y yaitu minat baca siswa. Berdasarkan penelitian
ini keterampilan literasi berpengaruh terhadap minat baca siswa di SMP Negeri 1
Ajung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Anggie Novita Sari
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:20
Last Modified: 20 Dec 2023 09:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item