Pesan Dakwah Habib Husein Ja'far Al-Hadar di Akun Media Sosial Youtube Jeda Nulis

Fadhal Anshari, A (2023) Pesan Dakwah Habib Husein Ja'far Al-Hadar di Akun Media Sosial Youtube Jeda Nulis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI SIDANG_FADHAL ANSHARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menjadi bagian yang erat kaitannya dengan media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram dan jejaring sosial lainnya. Kemajuan yang seperti ini tentu perlu dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan dakwah. Perkembangan teknologi juga menyebabkan manusia menjadi kehilangan identitas diri, mereka yang harusnya menjadi pengontrol isu hari ini malah menjadi manusia yang tidak terkontrol dalam menghadapi isu-isu yang ada. Isu-isu tentang pesan dakwah-pun banyak beredar di media sosial bahkan tak jarang menimbulkan kontroversi. Salah satu isu yang masih hangat dan kerap menjadi konflik di Indonesia adalah sikap keagamaan dan intoleransi. Penanaman nilai-nilai keagaman antar masing-masing agama harus terus-menerus dilakukan agar masing-masing pemeluk agama dapat memahami dengan baik ajaran agamanya, sehingga nantinya konflik tentang intoleransi terhadap agama tidak terjadi lagi. Sebagaimana penanaman nilai keagamaan yang dilakukan oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar. Habib Husein Ja’far Al-Hadar merupakan salah satu penulis dan pendakwah muda yang melakukan dakwahnya di media sosial Youtube.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja tema-tema pesan dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar di akun media sosial Youtube Jeda Nulis? 2) Bagaimana isi pesan dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar yang ada di akun media sosial Youtube Jeda Nulis?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja tema-tema pesan dakwah yang disampaikan oleh Habib Husein di akun media sosial Youtube Jeda Nulis, dan untuk mengetahui bagaimana pesan dakwah yang disampaikan oleh Habib Husein di akun media sosial Youtube Jeda Nulis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yakni memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, studi pustaka dan internet. Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat 9 tema dakwah Habib Husein di akun media sosial Youtube Jeda Nulis yaitu: jeda ceramah, jeda ngobrol, jeda nulis, kultum pemuda tersesat, kultum pemuda tercerahkan, Indonesia rumah bersama, Habib nongkrong di Jaksel, Habib wacanda dan KULTUM (kuliner tujuh menit). 2. Pesan dakwah Habib Husein terbagi dalam tiga kategori pesan dakwah yaitu pesan dakwah tentang akidah, syariah dan akhlak. Dari ketiga kategori tersebut terdapat tiga video yang peneliti analisis berdasarkan jumlah viewers terbanyak sesuai dengan masing-masing kategori pesan dakwah. Tiga video tersebut yaitu: a. Boris belajar Islam tak takut muallaf (mengandung pesan dakwah tentang akidah). b. Kultum pemuda tersesat (mengandung pesan dakwah tentang syariah). c. Adzan subuh bisa bangunkan orang mati (mengandung pesan dakwah tentang akhlak).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fadhal A Fadhal
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:31
Last Modified: 20 Dec 2023 09:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30618

Actions (login required)

View Item View Item