MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN DRUMBAND DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA DI SDN MASKUNING WETAN 2 PUJER BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nihayatul Qushwa, Ana (2023) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN DRUMBAND DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA DI SDN MASKUNING WETAN 2 PUJER BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ana Nihayatul Qushwa _ T20193125.pdf

Download (24MB)

Abstract

Ana Nihayatul Qushwa, 2023: Manajemen Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Di SDN Maskuning Wetan 2 Pujer Bondowoso tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Bakat dan Minat, SDN Maskuning Wetan 2

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan di luar pelajaran (kurikulum) untuk menumbuhkembangkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa baik berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing siswa dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya melalui kegiatan-kegiatan wajib maupun pilihan.
Fokus dalam penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Prencanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Drumband dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa di SDN Maskuning Wetan 2? 2. Bagaimana Pengorganisasian Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Drumband dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa di SDN Maskuning Wetan 2? 3. Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Drumband dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa di SDN Maskuning Wetan 2 4. Bagaimana Pengawasan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Drumband dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa di SDN Maskuning Wetan 2?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan drumband dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di SDN Maskuning Wetan 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah: Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler di SDN Maskuning Wetan 2 dimulai dengan merumuskan tujuan ekstrakurikuler, penetapan program ekstrakurikuler dan pengelompokan siswa. 2) Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan drumband di SDN Maskuning Wetan 2 sudah berjalan dengan baik. Proses pengorganisasian dilaksanakan dengan membagi tugas yang sesuai dengan potensi yang dimiliki para guru, hal tersebut tentunya mempermudah garis koordinasi dan konsultasi. 3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SDN Maskuning Wetan 2 dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh sekolah ketika rapat yaitu pada bulan juli di awal semester. 4) Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler di lakukan setiap ekstrakurikuler dilaksanakan, pengawasan di laksanakan oleh kepala sekolah dan pembina ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ana Nihayatul Qushwa
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:26
Last Modified: 20 Dec 2023 09:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30622

Actions (login required)

View Item View Item