Analisis Status Kepemilikan Rumah Pada Pembiayaan Take Over BSI Griya Hasanah Dengan Akad Musyarakah Mutanaqisah Pada Bank Syariah Indonesia ( BSI) Kantor Cabang (KC) A Yani Banyuwangi

Devita, Rosalina Paramita (2023) Analisis Status Kepemilikan Rumah Pada Pembiayaan Take Over BSI Griya Hasanah Dengan Akad Musyarakah Mutanaqisah Pada Bank Syariah Indonesia ( BSI) Kantor Cabang (KC) A Yani Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Devita Rosalina Paramita.pdf

Download (2MB)

Abstract

Devita Rosalina Paramita, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag, M.E.I, 2023: Analisis Status Kepemilikan Rumah Pada Pembiayaan Take Over BSI Griya Hasanah Dengan Akad Musyarakah Mutanaqisah Pada Bank Syariah Indonesia ( BSI) Kantor Cabang (KC) A Yani Banyuwangi.

Untuk memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah Bank Syariah Indonesia (BSI) menawarkan produk take over pembiayaan BSI Griya Hasanah. Yang mana pembiayaan BSI Griya Hasanah ini bisa menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan pemindahan pembiayaan perumahan dari bank lain ke Bank Syariah Indonesia.
Fokus yang diteliti pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan take over BSI Griya Hasanah di BSI KC A Yani Banyuwangi?. 2) Bagaimana analisis status kepemilikan rumah dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan take over BSI Griya Hasanah di BSI KCP A Yani Banyuwangi?
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui pelaksanaan akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan take over BSI Griya Hasanah di BSI KC A Yani Banyuwangi. 2) Mengetahui analisis status kepemilikan rumah dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan take over BSI Griya Hasanah di BSI KC A Yani Banyuwangi.
Peneliti mengidentifikasi permasalahan tersebut dengan menggunakan penelitian ini,peneliti harus terjun langsung kelapangan untuk memperluas dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, Wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini antara lain: Sebelum Melakukan Take Over BSI Griya Hasanah Ada Beberapa Tahapan Pelaksanaan akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan Take Over BSI Griya Hasanah di BSI KC A Yani Banyuwangi. Terkait dengan analisis status kepemilikan rumah menggunakan Akad Musyarakah Mutanaqisah, penting untuk dicatat bahwa meskipun terjadi "take over," hak dan kewajiban tidak mengalami perpindahan yang signifikan. Nasabah telah menyelesaikan kewajiban mereka pada kreditur awal, dan hak serta kewajiban tersebut muncul kembali dalam konteks BSI.
Kata Kunci: BSI Griya Hasanah, Musyarakah Mutanaqisah, Take Over

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Devita Rosalina Paramita
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30623

Actions (login required)

View Item View Item