Membangun Kemandirian Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember

Nistiyanah, Nita (2023) Membangun Kemandirian Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nita Nistiyanah_202101030044.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nita Nistiyanah, 2023: “Membangun Kemandirian Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember”.
Kata kunci: Kemandirian, Pengelolaan, Pembiayaan Pendidikan
Pembiayaan pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan karena pembiayaan pendidikan merupakan faktor utama yang menunjang penyelenggaraan pendidikan. Namun tidak selamanya biaya pendidikan itu bisa terpenuhi salah satunya karena disebabkan oleh keterbatasan dana, ketergantungan dana kepada pemerintah ataupun hal lainnya, oleh sebab itu penting bagi lembaga pendidikan untuk memiliki dana pribadi untuk menunjang pembiayaan pendidikan. Berdasarkan fenomena tersebut pondok pesantren Mambaul Ulum melakukan inovasi dengan mendirikan sebuah usaha berupa koperasi pondok pesantren (KOPONTREN) Al-Mubarok dan BMT Maslahah Lil Ummah yang hasil usahanya digunakan untuk memenuhi pembiayaan pendidikan di pondok pesantren Mambaul Ulum.
Fokus dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Upaya Membangun Kemandirian Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember?, (2) Bagaimana Persepsi Santri Tentang Membangun Kemandirian Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan Upaya Membangun Kemandirian Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember, (2) Mendeskripsikan Persepsi Santri Tentang Membangun Kemandirian Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember.
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan mix methods dengan jenis Sequential Exploratory Design, yaitu penelitian dengan menggunakan dua metode dalam penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif yang digunakan sebagai data utama dan metode kuantitatif yang digunakan sebagai data pendukung. Dalam penelitian ini perolehan data diperoleh melalui dua sumber yaitu kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan kuantitatif melalui angket.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya membangun kemandirian pengelolaan pembiayaannya adalah dengan mendirikan usaha koperasi pondok pesantren (KOPONTREN) Al-Mubarok dan BMT Maslahah Lil Ummah. (2) Persepsi santri tentang membangun kemandirian pengelolaan pembiayaannya adalah 56% setuju karena dengan adanya kemandirian pondok pesantren mempunyai independensi dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan. Berdasarkan dari hasil penelitian di pondok pesantren Mambaul Ulum, peneliti memberikan saran mengenai pondok pesantren yang berkaitan dengan transparansi pembiayaan pondok pesantren sebaiknya dilakukan secara terbuka tidak hanya untuk internal pondok melainkan juga untuk eksternal pondok pesantren, membuat rencana anggaran jangka panjang, membuat visi misi pondok pesantren, dan memperbaiki inventaris yang ada di pondok pesantren Mambaul Ulum Sukowono Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nita Nistiyanah
Date Deposited: 20 Dec 2023 08:43
Last Modified: 20 Dec 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30633

Actions (login required)

View Item View Item