Penerapan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Ability Potential Dalam Membentuk Self Efficacy (Studi Kasus: Pada Pemuda di Desa Genteng Wetan)

Faisol Romadhon, Faisol (2023) Penerapan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Ability Potential Dalam Membentuk Self Efficacy (Studi Kasus: Pada Pemuda di Desa Genteng Wetan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq.

[img] Text
Faisol Romadhon_D20183098.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://opac.uinkhas.ac.id

Abstract

Faisol Romadhon, 2023: Penerapan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik AbilityPotensial Dalam Membentuk Self Efficacy (Studi Kasus Pada Pemuda Di Desa Genteng Wetan)

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Efficacy, Pemuda

Konseling kelompok di Desa Genteng Wetan tidak dirumuskan secara sistematis, akan tetapi pada pelaksanaannya, konseling kelompok dilakukan oleh salah satu pengurus karang taruna di Desa Genteng Wetan yang tergolong masih sebagai seorang pemuda yang ada di Desa Genteng Wetan. Penelitian ini akan memfokuskan pelaksanaan konseling kelompo untuk mengatasi problematika self efficacy yang terjadi pada pemuda di Desa genteng Wetan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Proses Pelaksanaan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Ability Potential Dalam Membentuk Self Efficacy Pada Pemuda di Desa Genteng Wetan ? 2) Bagaimana Peranan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Ability Potential Dalam Membentuk Self Efficacy Pada Pemuda di Desa Genteng Wetan ?
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Genteng Wetan. Melalui tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi, penjabaran dan penarikan kesimpulan terhadap data. Dan menggunakan metode triangulasi sebagai teknik mencari keabsahan data berupa triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada dua simpulan yaitu: 1) Proses Pelaksanaan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Ability Potential Dalam Membentuk Self Efficacy Pada Pemuda di Desa Genteng Wetan adalah sebagai pengontrol terkendalinya tahapan konseling kelompok berupa tahap pertama pembentukan kelompok, tahap kedua adalah peralihan untuk membuat anggota saling terbuka, tahap ketiga kegiatan untuk saling menyampaikan pendapat serta masukan , tahap keempat adalah akhir yang dimana konseli melakukan perubahan positif dari apa yang dia dapat.. 2) Peranan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Ability Potential Dalam Membentuk Self Efficacy Pada Pemuda di Desa Genteng Wetan adalah terbantunya 8 dari 10 pemuda dari sample dalam menjalani kehidupannya di lingkungan masyarakat. Sample juga merasa mendapatkan dukungan dan bantuan untuk memberikan solusi dalam memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapinya serta dapat mengeluarkan potensi yang dimiliki secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Faisol Romadhon
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:48
Last Modified: 21 Dec 2023 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30636

Actions (login required)

View Item View Item