Manajemen Tata Usaha dalam Mengoptimalkan Pelayanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Salwa Noris, Masyithah (2023) Manajemen Tata Usaha dalam Mengoptimalkan Pelayanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIX SALWA NORIS MASYITHAH - T20193068.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemen tata usaha ialah suatu aktivitas atau kegiatan proses kerja dalam dunia pendidikan yang dimaksudkan untuk membantu proses belajar mengajar berjalan lancar dan memerlukan keterampilan khusus, keahlian, serta kompetensi yang berbeda dengan kompetensi tenaga pendidik, karena tata usaha atau tenaga administrasi harus mengatur dan mengelola segala sesuatu dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan.
Fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana perencanaan tata usaha dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi di MAN 2 Jember? 2) Bagaimana pengorganisasian tata usaha dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi di MAN 2 Jember? 3) Bagaimana pelaksanaan tata usaha dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi di MAN 2 Jember? 4) Bagaimana pengawasan tata usaha dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi di MAN 2 Jember? Tujuan penelitian ini ialah: Untuk mendeskripsikan strategi yang berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi di MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subyek diambil menggunakan teknik purposive, untuk teknik pengumpulan datanya menggungakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana melalui langkah penyajian data, kondensasi data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini ialah: 1) Perencanaan tata usaha dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi di MAN 2 Jember dilakukan dengan dua tahap yakni rencana kepegawaian untuk mempertimbangkan sumber daya yang ada sesuai dengan kompetensi masing-masing. Dan rencana program dilakukan dengan membentuk PTSP untuk mengidentikasi pekerjaan dalam memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat. 2) Pengorganisasian tata usaha dilakukan dengan membagi pekerjaan dalam sebuah kegiatan ketaausahaan yang dibentuk dalam struktur organisasi sesuai dengan kualifikasi dan analisis jabatannya. 3) Pelaksanaan tata usaha dilakukan dengan melaksanakan suatu pelayanan administrasi pada pelanggan pendidikan secara manual maupun berbasis IT dan harus sesuai dengan prosedur atau SOP sudah yang dirancang. 4) Pengawasan tata usaha dilakukan dengan mengevaluasi keberhasilan pencapaian program melalui pertemuan rapat yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan menerima kritik juga saran dengan disediakannya QR Code untuk pelanggan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Depositing User: Miss Salwa Noris Masyithah
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:42
Last Modified: 20 Dec 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30638

Actions (login required)

View Item View Item