Pengaruh Penggunaan Aplikasi Muslim Pro Terhadap Perilaku Keagamaan Anggota Ikatan Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum di Jember

Wati, Aniqoh Susilo (2023) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Muslim Pro Terhadap Perilaku Keagamaan Anggota Ikatan Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum di Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIQOH SUSILO WATI_D20191015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aplikasi muslim pro merupakan aplikasi hasil pengembangan kecerdasan buatan yang bersal dari singapura, yang dilengkapi dengan layanan informasi dengan berbagai fitur yang drancang khusus untuk umat muslim. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh beberapa kalangan tak lain oleh kalangan mahasiswa, hal ini disebabkan penggunaan aplikasi yang mudah dan disertai fitur yang cukup lengkap dalam satu aplikasi. Adapun fitur yang disajikan dalam aplikasi tidak lain mengenai jadwal sholat wajib, pencarian arah kiblat, kalender hijriah, dan dilengkapi dengan alquran ditigital lengkap dengan terjemah dan juga audio. Dan masih banyak fitur lain yang sangat membantu dalam mengatur kegiatan keagamaan sebagi seorang mahasiswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah aplikasi MuslimPro berpengaruh terhadap perilaku keagamaan anggota Imadu Jember? 2) Seberapa besar pengaruh aplikasi MuslimPro terhadap perilaku keagamaan anggota Imadu Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh aplikasi Muslim Pro terhadap perilaku keagamaan anggota Imadu Jember. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi MuslimPro terhadap perilaku keagamaan anggota Imadu Jember.
Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran angket (kuesioner). Populasi dari penelitian ini adalah anggota IMADU yang ada di grup WhatsApp dan jumlah sampel yang diambil adalah 72 anggota. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana. Dan uji hipotesis menggunakan uji determinasi R2, dengan pengolahan data menggunakan SPSS¬¬¬¬ Statistic 25
Berdasarkan hasil pengolahan data, menunjukkan nilai Sig pada uji T adalah 0,000 atau kurang dari 0,05 yang berarti model dapat diterima atau dengan kata lain variabel penggunaan aplikasi Muslim Pro berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keagamaan anggota Imadu Jember. Dari Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap penggunaan aplikasi Muslim Pro dapat memberikan pengaruh baik secara langsung atau tidak terhadap perilaku keagamaan anggota Imadu Jember.
Nilai Determinasi atau Adjust R Square adalah 0,318 atau 31,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaaan aplikasi MuslimPro berpengaruh terhadap perilaku keagamaan anggota Imadu Jember sebesar 31,8%, dan sisanya 68,2% berasal dari variabel lain yang tidak terdapat pada model penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Aniqoh Susilo Wati
Date Deposited: 20 Dec 2023 08:32
Last Modified: 20 Dec 2023 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30643

Actions (login required)

View Item View Item