Andini, Aliya Septiyani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Doratoon Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di MI Al-Falah Benculuk Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Andini B5.pdf Download (5MB) |
Abstract
Media pembelajaran disini menduduki posisi yang sangat penting pada
pembelajaran, karena menjadi penghubung pada transfer informasi dari pendidik ke
peserta didik. Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam sistem
pendidikan dan memegang peranan besar di dalamnya. Proses pembelajaran tidak
dapat dilakukan sebagai proses komunikasi dengan baik dan efektif jika tidak ada
sarana untuk berkomunikasi. Pada kegiatan pembelajaran khususnya kelas II MI Al-
Falah Benculuk Banyuwangi disini guru pada saat mengajar cenderung
menggunakan buku LKS saja, sesekali guru menggunakan media cetak bergambar
untuk mata pelajaran tertentu. Namun disini guru juga pernah menggunakan media
video tetapi bukan dari hasil karya guru sendiri. Dengan demikian perlu
dikembangkan media pembelajaran video animasi berbasis doratoon yang mana
untuk membantu proses kegiatan pembelajaran siswa yang lebih efektif, inovatif dan
dapat menumbuhkan semangat siswa agar lebih aktif dalam belajar.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana model
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Doratoon Untuk Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di MI Al-Falah Benculuk Banyuwangi?
2)Bagaimana kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi
Berbasis Doratoon Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di MI Al-Falah
Benculuk Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Menghasilkan produk
berupa Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Doratoon Untuk Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di MI Al-Falah Benculuk Banyuwangi.
2)Menguji kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis
Doratoon Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di MI Al-Falah Benculuk
Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan
atau Research and Development (R&D). Model ADDIE yang dikembangkan oleh
Dick and Carry, yang menjadi dasar model penelitian dan pengembangan. Analysis
(analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi), dan Evaluation (evaluasi) adalah lima tahapan model ADDIE.
Adapun hasil persentase secara keseluruhan yang sudah dinilai oleh para ahli, hasil
persentase ahli media yaitu 95%, hasil persentase ahli materi yaitu 96%, dan hasil
pengguna (guru kelas) 84,3%. Secara keseluruhan rata-rata penilaian dari validator
tersebut sehingga menunjukan kriteria layak. Artinya media video animasi ini dapat
diterapkan atau digunakan dalam pembelajaran. Uji respon siswa mendapatkan
persentase 92,5%. Yang mana secara keseluruhan rata-rata penilaian dari angket uji
respon siswa. Sehingga mendapat kriteria menarik, dengan itu media video animasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Depositing User: | Andini Aliya Septiyani |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 09:16 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 09:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30648 |
Actions (login required)
View Item |