Komunikasi Dakwah Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar Dalam Meningkatkan Penghayatan Ajaran Agama Islam Bagi Mualaf

Ramadhani, Ulfa Rachmania (2023) Komunikasi Dakwah Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar Dalam Meningkatkan Penghayatan Ajaran Agama Islam Bagi Mualaf. Undergraduate thesis, Universitas KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulfa Rachmania Ramadhani_D20191056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ulfa Rachmania Ramadhani, 2023: Komunikasi Dakwah Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar Dalam Meningkatkan Penghayatan Ajaran Agama Islam Bagi Mualaf.
Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Penghayatan Ajaran Agama Islam
Mualaf merupakan seorang non-muslim, dimana dengan bimbingan pihak tertentu telah mengucapkan dua kalimat syahadat sehingga individu tersebut telah masuk dalam islam. Perubahan keyakinan individu tersebut bukanlah kebetulan, melainkan hasil dari proses panjang sehingga mereka berlabuh untuk yakin pada islam. Mereka memilih menjadi seorang muslim melalui pengorbanan dan tantangan yang mungkin mereka harus hadapi baik dari saudara, keluarga, dan pihak lainnya yang menentang keputusan tersebut. Seorang mualaf perlu memahami dengan baik agama baru yang mereka anut. Dengan memperluas khasanah keilmuan mengenai agama tersebut, seorang mualaf mampu lebih mengoptimalkan keyakinannya. Hal ini tentu tidaklah ringan untuk dijalani. Perlu adanya cara yang baik dan komunikasi yang optimal sehingga seseorang mampu tergerak hatinya untuk sepenuhnya memeluk islam dengan bimbingan terprogram. Seperti mualaf di Kota Denpasar yang memerlukan bimbingan. Maka dari itu, Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar mampu membimbing dan memiliki komunikasi dakwah yang dapat membina para mualaf untuk meingkatkan penghayatan ajaran agama Islam.
Adapun fokus yang dikaji peneliti yakni: 1) bagaimana metode komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar dalam meningkatkan kepercayaan mualaf? 2) bagaimana metode komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar dalam meningkatkan praktek ibadah mualaf? 3) bagaimana metode komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar dalam meningkatkan akhlak mualaf?. Serta tujuan penelitian mengacu pada fokus yang dikaji, adapun tujuannya yakni 1) mengetahui strategi komunikasi dakwah Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar dalam meningkatkan kepercayaan mualaf, 2) mengetahui strategi komunikasi dakwah Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar dalam meningkatkan ibadah mualaf, 3) mengetahui metode komunikasi dakwah Yayasan Bali Muallaf Development Kota Denpasar dalam meningkatkan akhlak mualaf.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif selama penelitian, dimana penelitian yang dijalankan bertujuan mendeskripsikan, menjelaskan, serta mengumpulkan data menggunakan teknik perolehan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan yakni meliputi: 1) Yayasan Bali Muallaf Development membentuk seperti majelis taklim, menyediakan pembina, dan memberikan kepercayaan sutuhnya kepada para mualaf, 2) meningkatkan ibadah yang dilakukan dengan pemberian materi dan praktik ibadah, 3) dengan menggunakan metode mau’idzah hasanah (ceramah) dan al-hikmah (pemberi tauladan atau ajaran yang baik) agar bisa ditanamkan, diamalkan, dan diterapkan didalam kepribadian juga keseharian masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ulfa Rachmania Ramadhani
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:30
Last Modified: 21 Dec 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30650

Actions (login required)

View Item View Item