Eksplorasi Alternatif Solutif Upaya Pengentasan Pembiayaan Bermasalah Produk KPR iB Hijrah Di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember

Arrohman, M. Rizal (2023) Eksplorasi Alternatif Solutif Upaya Pengentasan Pembiayaan Bermasalah Produk KPR iB Hijrah Di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI M. RIZAL ARROHMAN WATERMARK.pdf

Download (13MB)

Abstract

M. Rizal Arrohman, Dr. H. Abdul Wadud, Lc. M.E.I 2023: Eksplorasi Alternatif Solutif Upaya Pengentasan Pembiayaan Bermasalah Produk KPR iB Hijrah Di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember.
Kata Kunci: Pembiayaan bermasalah, Pengentasan pembiayaan bermasalah.
PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember dalam rangka menyalurkan pembiayaannya kepada masyarakat ternyata tidak semuanya berjalan dengan lancar, melainkan ada beberapa nasabah yang mengalami hambatan atau permasalahan dalam membayar angsuran pembiayaan atau bisa disebut dengan Non Performing Financing (NPF) atau pembiayaan bermasalah. Dengan terjadinya pembiayaan bermasalah harus adanya pengentasan pembiayaan bermasalah.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1. Bagaimana problematika yang menyebabkan pembiayaan bermasalah produk KPR iB Hijrah di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember? 2. Bagaimana eksplorasi alternatif solutif upaya pengentasan pembiayaan bermasalah produk KPR iB Hijrah Di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember?.
Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah produk KPR iB Hijrah di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember. 2. Untuk mengetahui bagaimana eksplorasi alternatif solutif upaya pengentasan pembiayaan bermasalah produk KPR iB Hijrah di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Demikian hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1. Problematika yang menyebabkan pembiayaan bermasalah produk KPR iB Hijrah di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember terdapat dua faktor, dari faktor internal ialah analisis yang dilakukan oleh bank kurang tepat, adanya keterbatasan pengetahuan karyawan bank terhadap jenis usaha, kurangnya kuantitas, kualitas, dan integritas dari sumber daya manusia yang kurang memadai, dan kurang optimal dalam melakukan monitoring kepada nasabah. Sedangkan faktor eksternal ialah
menyalahgunakan tujuan penggunaan pembiayaan dengan tidak sesuai dengan tujuannya, usaha nasabah tidak berjalan secara efisien dan mengalami kerugian, kendala teknis atau masalah penjualan dalam memproduksi barang atau jasa milik nasabah dan karyawan di PHK dari pekerjaannya dan terjadinya bencana alam. 2. PT. Bank Muamalat Indonesia KC Jember upaya pengentasan pembiayaan bermasalah produk KPR iB Hijrah menggunakan alternatif solutif mulai dari pemberian surat pemberitahuan, surat teguran, surat peringatan satu sampai tiga (SP 1-3), melakukan pendekatan dan pendampingan nasabah serta melakukan 3R (rescheduling, reconditioning, dan restructuring), dan yang terakhir melakukan eksekusi penyitaan barang jaminan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: M. Rizal Arrohman
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:11
Last Modified: 21 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30658

Actions (login required)

View Item View Item