Pola Asuh Ayah Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Pada Keluarga LDM (Long Distance Marriage)Di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi

Hanifah, Ani Nur (2023) Pola Asuh Ayah Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Pada Keluarga LDM (Long Distance Marriage)Di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANI NUR HANIFAH_D20193059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pola asuh diartikan sebagai mengasuh, merawat, mendidik dan membimbing anak. Namun pola asuh ini tertuju pada ayah, di mana ayah menjadi pengganti peran seorang ibu atau istri yang di karenakan LDM (Long Distance Marriage) ibu atau istri bekerja menjadi TKW di luar negeri. Oleh karena itu, pola asuh untuk mengetahui gambaran pola asuh ayah dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga LDM (Long Distance Marriage).
Penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu, bagaimana pola asuh ayah dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga LDM (Long Distance Marriage) dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pola asuh ayah dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga LDM (Long Distance Marriage) di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang dilakukan oleh ayah dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga LDM (Long Distance Marriage) di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan untuk menentukan faktor menggunakan analisis SWOT. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi waktu, triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Adapun hasil dari penelitian menunjukkan : 1) Pola asuh ayah dalam membentuk karakter religius anak terdapat perbedaan cara pola pengasuhan ada ayah yang memberikan kebebasan dan membimbing terhadap anak. Ayah yang banyak memberikan masukan nasehat dari yang telah dilakukan anak, ada ayah yang sedikit komunikasi kepada anak dan mengharapkan anak mematuhi peraturan, ada ayah yang selalu bermusyawarah apapun halnya kepada anak serta kasih sayang sepenuhnya. 2) Terdapat dua faktor yang berhubungan dengan pola asuh dalam membentuk karakter religius anak yaitu faktor pendukung dan penghambat, di mana faktor pendukung komunikasi ayah dengan anak, lingkungan, komunikasi. Kemudian untuk faktor penghambatnya pada status ekonomi, tingkat pendidikan dan kondisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ani Nur Hanifah
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:09
Last Modified: 21 Dec 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30663

Actions (login required)

View Item View Item