Implementasi Strategi 3R (Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring) dalam Upaya Penanganan Pembiayaan Bermasalah Di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember.

Zannah, Faizatul (2023) Implementasi Strategi 3R (Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring) dalam Upaya Penanganan Pembiayaan Bermasalah Di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faizatul Zannah_E20181044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembiayaan bermasalah menjadi permasalahan industri perbankan syariah, termasuk di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember.Disebabkan tingkatan pembiayaan yang kurang lancar, diragukan, dan macet menjad penyebab tingginya (NPF) Non Performing Financing yang merupakan indikasi masalah likuiditas bank dan operasional kinerja perbankan menjadi kurang sehat. Untuk itu cara mengatasi pembiayaan bermasalah disini dengan melakukan penyelamatan pembiayaan masalah dengan implementasi strategi 3R (Rescheduling, Reconditioning, dan Restructuring).
Fokus penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana faktor-faktor penyebab pembiayaan di PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember? 2. Bagaimana implementasi strategi 3R (Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring) dalam upaya penanganan pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab pembiayaan di PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember.2. Mendeskripsikan implementasi strategi 3R (Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring) dalam upaya penanganan pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember.
Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek menggunakan purposive dan metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis datanya ialah deskriptif yaitu mendeskripsikan hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Faktor-faktor penyebab pembiayaan bermasalah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember yaitu ada dua, faktor internal dan ekternal,2. Implemetasi strategi 3R (Rescehduling, Reconditioning dan Restructuring) dalam upaya penangan pembiayaan bermasalah dengan penyelamatan yaitu Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring
KataKunci : Strategi, Rescheduling, Reconditioning, Restructuring, Pembiayaan Bermasalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms Faizatul Zannah
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:18
Last Modified: 21 Dec 2023 05:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30667

Actions (login required)

View Item View Item