Efektivitas Pengendalian Ineternal Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDS NU 20 Al-Amin Kecamatan Jenggawah

Imas Darojatul Badriyah, imas (2023) Efektivitas Pengendalian Ineternal Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDS NU 20 Al-Amin Kecamatan Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi imas_Edit.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dana BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk pembiayaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Untuk mewujudkan layanan pendidikan yang bermutu dalam rangka mendukung program pendidikan maka diperlukan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Program dana BOS wajib dikelola dengan baikdan berpedoman pada Buku Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS, pengelolaan yang baik sangat diperlukan untuk mendukung seluruh aktifitas suatu lembaga.
Pengendalian internal diharapkan mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap aktifitas yang dilakukan selama ini agar berjalan sesuai dengan rencana. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana prosedur pengeluaran kas dalam melaksanakan efektivitas pengendalian internal pengeluaran kas Dana BOS pada SDS NU 20 Al Amin. 2) Bagaimana pengendalian internl pengeluaran kas dana BOS pada SDS NU 20 Al-Amin
Bagaimana prosedur pengeluaran kas pengendalian internal pada SDS NU 20 Al Amin terkait pengeluaran kas Dana BOS. 2Pengendalian internal merupakan sesuatu yang memiliki bagian-bagian yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang diharapkan untuk memisahkan antara fungsi pencatatan dan pengeluaran kas yang jelas, serta bertujuan untuk menhindari penyelewengan penggunaan kas yang kemuningkinan terjadi dalam suatu lembaga. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui efektivitas pengendalian internal pengeluaran kas pada Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SDS NU 20 Al Amin. 2) Untuk mendeskripsikan efektivitas pengendalian internal pengeluaran kas Dana BOS pada SDS NU 20 Al Amin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan menggunakan triagulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) prosedur pengeluaran kas dana BOS pada SDS NU 20 Al-Amin sudah sesuai dengan peruntukan pengeluaran kas yang dimana kegiatan pengeluaran kas yang dilakukan harus meminta persetujuan terlebih dahulu kepada kepala sekolah dan laporan pada buku kas keluar yang dicatat disetiap melakukan transaksi. 2) pengendalian internal pengeluaran kas dana BOS pada SDS NU 20 Al-Amin belum memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas. Yakni peran guru sebagai bendahara masih merangkap 2 jabatan, untuk menghindari penyelewangan terhadap kas maka kepala sekolah harus tegas untuk mengontrol pengendalian internal pada pengeluaran kas BOS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms imas Imas Darojatul Badriayah
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:06
Last Modified: 21 Dec 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30668

Actions (login required)

View Item View Item