Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Mengembangkan Efektivitas Pembelajaran di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Irfan Desa Selomukti Mlandingan Situbondo

Ainun, Sifak (2023) Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Mengembangkan Efektivitas Pembelajaran di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Irfan Desa Selomukti Mlandingan Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_AINUN SIFAK T20193004 FIXS (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemen kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat berkaitan dengan adanya beberapa pengaturan yang ada di dalam kelas meliputi pengaturan peserta didik dan fasilitas, dengan menerapkan manajemen kelas saat proses pembelajaran tentunya akan berjalan secara efektif dan efisien. Maka dari itu dalam mengelola kelas perlu adanya kemampuan lebih sehingga tujuan yang sudah direncanakan bisa tercapai.
Fokus penelitian yang diteliti ialah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengaturan peserta didik sebagai upaya mengembangkan efektivitas pembelajaran di kelas V MI Manbaul Irfan Desa Selomukti Mlandingan Situbondo; 2) Bagaimana pengaturan sarana dan prasarana sebagai upaya mengembangkan efektivitas pembelajaran di kelas V MI Manbaul Irfan Desa Selomukti Mlandingan Situbondo.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengaturan peserta didik sebagai upaya mengembangkan efektivitas pembelajaran di kelas V MI Manbaul Irfan Desa Selomukti Mlandingan Situbondo dan; 2) Untuk mendeskripsikan pengaturan sarana dan prasarana sebagai upaya mengembangkan efektivitas pembelajaran di kelas V MI Manbaul Irfan Desa Selomukti Mlandingan Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berikut hasil dari penelitian ini, adalah: 1) Pengaturan peserta didik sebagai upaya mengembangkan efektivitas pembelajaran di kelas V MI Manbaul Irfan meliputi, tingkah laku peserta didik, kedisiplinan, minat/perhatian, gairah belajar dan dinamika kelompok peserta didik.; 2) Pengaturan sarana dan prasarana sebagai upaya mengembangkan efektivitas pembelajaran di kelas V MI Manbaul Irfan meliputi, pengaturan tempat duduk, pengaturan alat-alat pengajaran, penataan keindahan dan kebersihan ruang kelas, terakhir ventilasi dan pengaturan cahaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Ainun Sifak
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:08
Last Modified: 21 Dec 2023 04:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item View Item