Pengembangan buku pengayaan berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada topik klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP Zainul Hasan 1 Genggong

Nurholisa, Siti (2023) Pengembangan buku pengayaan berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada topik klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP Zainul Hasan 1 Genggong. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURHOLISA_T201910086.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Buku paket atau bahan ajar yang mudah dipahami siswa akan membantu proses belajar siswa. Sumber belajar bukan hanya dari buku paket saja melainkan sumber belajar lainnya seperti buku pengayaan yang memenuhi kebutuhan belajar. Buku penunjang sangat dibutuhkan apalagi yang berbasis STEM. Buku pengayaan berbasis STEM mampu meningkatkan pemahaman serta kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah. Buku pengayaan STEM dikembangkan di SMP Zainul Hasan 1 Genggong karena sekolah, guru dan siswa membutuhkan buku penunjang yang terintegrasi dengan teknologi agar dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan di sekolah. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam memahami buku paket yang disediakan sekolah. Dan menurut siswa materi yang sulit dipahami siswa SMP/MTs yaitu klasifikasi materi dan perubahannya.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana validitas buku pengayaan berbasis STEM pada topik klasifikasi materi dan perubahannya? 2) Bagaimana respon siswa terhadap buku pengayaan berbasis STEM pada topik klasifikasi materi dan perubahannya? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas buku, respon siswa terhadap pengembangan buku pengayaan berbasis STEM pada topik klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP Zainul Hasan 1 Genggong.
Penelitian merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dengan skala linkert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, yakni mendeskripsikan validitas buku pengayaan berbasis STEM dan, respon siswa.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah: 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 92,6% , hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 95%, dan hasil validasi pengguna memperoleh 96,9% dengan kriteri sangat valid, dengan ini buku pengayaan berbasis STEM dapat diuji cobakan kepada siswa, 2) Hasil uji respon produk skala kecil menunjukkan rata-rata persentase 88,6% dengan kriteria sangat menarik dalam segi keterbacaan bahan ajar baik. Di samping itu, pada uji respon skala besar menunjukkan rata-rata persentase 91,3% dalam kriteria sangat menarik, dengan ini dalam segi kemenarikan buku pengayaan berbasis STEM sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0306 Physical Chemistry (incl. Structural) > 030605 Solution Chemistry
03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039901 Environmental Chemistry (incl. Atmospheric Chemistry)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Siti Nurholisa
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:26
Last Modified: 22 Dec 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item View Item