Eksplorasi Keterampilan Penalaran Ilmiah Siswa Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII MIPA Berbasis Gender Di SMA Negeri Ambulu Jember

Nadifah, Ainun (2023) Eksplorasi Keterampilan Penalaran Ilmiah Siswa Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII MIPA Berbasis Gender Di SMA Negeri Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINUN NADIFAH_202101080028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ainun Nadifah, 2023 : Eksplorasi Keterampilan Penalaran Ilmiah Siswa Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII MIPA Berbasis Gender Di SMA Negeri Ambulu Jember
Kata Kunci : pembelajaran biologi, keterampilan penalaran ilmiah, jenis kelamin
Pendidikan merupakan elemen penting bagi kehidupan seseorang di negara manapun. Indonesia telah mengikuti tes Program for International Student Assessment (PISA) dari tahun 2001. Sejak itu, skor Indonesia di bidang sains berfluktuasi tapi secara keseluruhan tetap datar. Maka dibutuhkan suatu keterampilan penalaran ilmiah yang dapat membantu siswa memahami sains terutama pada mata pelajaran biologi. Selain itu, keterampilan penalaran ilmiah juga menjadi substansi standar lulusan sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan keterampilan penalaran ilmiah siswa laki-laki pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelas XII MIPA 3 di SMA Negeri Ambulu Jember dan 2) untuk mendeskripsikan keterampilan penalaran ilmiah siswa perempuan pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelas XII MIPA 3 di SMA Negeri Ambulu Jember ?.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi kasus. Adapun lokasi penelitian yang dipilih yakni SMA Negeri Ambulu Jember. Subjek penelitian yang digunakan ialah siswa kelas XII MIPA dan guru biologi yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis data kualitatif Model Miles dan Huberman yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu data collection, data condensation, data display dan conclusion drawing/verification.
Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan penalaran ilmiah siswa laki-laki sudah termasuk kategori baik. Siswa laki-laki memperoleh skor tertinggi pada indikator penalaran konservasi, sedangkan skor terendah terdapat pada indikator penalaran kontrol variabel dan korelasi. Dari hasil tes, siswa laki-laki dikelompokkan menjadi 2 pola penalaran ilmiah yakni operasional transisional dan operasional formal. Siswa laki-laki yang tergolong pola operasional transisional sebanyak 7 orang, sedangkan yang termasuk pola operasional formal yakni sebanyak 5 orang. Keterampilan penalaran ilmiah siswa perempuan juga termasuk kategori baik. Akan tetapi siswa perempuan hanya rendah pada indikator penalaran korelasi. Dari hasil tes tersebut, siswa perempuan dikelompokkan menjadi 2 pola penalaran ilmiah. Mayoritas siswa perempuan tergolong pola operasional formal yakni sebanyak 18 orang dan siswa perempuan dengan pola operasional transisional sebanyak 6 orang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Ainun Nadifah
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:27
Last Modified: 22 Dec 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30685

Actions (login required)

View Item View Item