Penerapan media poster dalam pembelajaran tematik kelas 3 madrasah ibtidaiyah bustanul ulum 09 curahlele tahun pelajaran 2022/2023

Afkarina, widat uzlifah (2023) Penerapan media poster dalam pembelajaran tematik kelas 3 madrasah ibtidaiyah bustanul ulum 09 curahlele tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WIDAT UZLIFAH 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Widat Uzlifah Afkarina, 2023: “Penerapan Media Poster dalam Pembelajaran Tematik Kelas 3 MI Bustanul Ulum 09 Curahlele Tahun Pelajaran 2022/2023.”
Kata Kunci: Media Poster, Pembelajaran Tematik,
Keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan. Media juga dikenal sebagai alat bantu yang dimanfaatkan oleh pendidik agar pembelajaran di dalam kelas lebih menarik dan peserta didik lebih mudah untuk memahami materi. Salah satunya adalah media poster memiliki kekuatan untuk memikat dan menarik perhatian peserta didik yang melihatnya sehingga akan memotivasi peserta didik dalam belajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penentuan pembentukan kelompok media poster dalam pembelajaran tematik di kelas 3 MI Bustanul Ulum 09 Curahlele? 2) Bagaimana proses penugasan pembuatan media poster dalam pembelajaran tematik di kelas 3 MI Bustanul Ulum 09 Curahlele? 3) Bagaimana proses pemajangan/penempelan media poster dalam pembelajaran tematik di kelas 3 MI Bustanul Ulum 09 Curahlele? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penentuan pembentukan kelompok media poster dalam pembelajaran tematik di kelas 3 MI Bustanul Ulum 09 Curahlele. 2) Untuk mendeskrpsikani proses penugasan pembuatan media poster dalam pembelajaran tematik di kelas 3 MI Bustanul Ulum 09 Curahlele. 3) Untuk mendeskripsikan proses pemajangan/penempelan media poster dalam pembelajaran tematik di kelas 3 MI Bustanul Ulum 09 Curahlele.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu naratif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, serta keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penentuan pembentukan kelompok media poster dalam pembelajaran tematik yang dilakukan dengan cara mengurutkan nomor urut absen atau menggunakan undian semua peserta didik mendapat kelompok dengan cara yang adil agar tidak ada perlakuan diskriminasi karena dengan berkelompok peserta didik dapat bertukar pikiran dan meningkatkan pengetahuan. 2) Proses penugasan pembuatan media poster dalam pembelajaran tematik dengan cara meringkas materi menentukan tata letak, menyiapkan bahan berupa gambar atau kata-kata dan menempel elemen-elemen poster sesuai dengan tata letak yang sudah dirancang. 3) Proses pemajangan/penempelan media poster dalam pembelajaran tematik dimana pada kegiatan ini masing-masing kelompok berlomba-lomba untuk secepat mungkin menyelesaikan tugas dan memajang media posternya serta menjelaskan isi poster tersebut kepada kelompok lain untuk dapat melatih mental peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Widat Uzlifah Afkarina
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:21
Last Modified: 22 Dec 2023 06:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30686

Actions (login required)

View Item View Item