Strategi pengembangan industri kreatif berbasis kearifan lokal dengan metode triple helix pada industri kerajinan batik desa Sidomulyo kecamatan silo kabupaten jember

Bahri, Moh Faisal (2023) Strategi pengembangan industri kreatif berbasis kearifan lokal dengan metode triple helix pada industri kerajinan batik desa Sidomulyo kecamatan silo kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Faisal Setela Sidang-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh Faisal Bahri, Dr. M.F Hidayatullah 2023: Strategi Pengembangan Industri Berbasis Kearifan Lokal Dengan Metode Triple helix Pada Industri Kerajinan Batik Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kata kunci: Industri kreatif, Batik, Triple helix.
Batik Desa Sidomulyo, Kabupaten Jember merupakan batik yang berbasis kearifan lokal yang mana batik yang dihasilkan memiliki nilai keunikan tersendiri yaitu letak desa yang geografis yang mana dalam setiap batik mempunyai makna untuk menjadi pegangan hidup bagi masyarakat, meskipun batik tersebut memiliki nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya memiliki sifat yang sangat universal, yang mana mempunyai nilai-nilai agama, religi, dan adat istiadat dari masyarakat sehingga dapat menjadi pegangan hidup bagi setiap masyarakat Desa Sidomulyo, Kabupaten Jember.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Strategi Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Dengan Metode Triple helix pada Kerajinan Batik? 2) Apa kendala yang dihadapi dalam strategi pengembangkan Industri Kreatif Dengan Metode Triple helix pada Industri Kerajinan? 3) Apa Solusi Dari Kendala Dalam Mengembangkan Industri Kreatif Dengan Metode Triple helix Pada Kerajinan Batik?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan Strategi Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Dengan Metode Triple helix pada Kerajinan Batik Desa Sidomulyo. 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam strategi pengembangkan Industri Kreatif Dengan Metode Triple helix pada Industri Kerajinan 3) Untuk mengetahui Solusi Dari Kendala Dalam Mengembangkan Industri Kreatif Dengan Metode Triple helix Pada Kerajinan Batik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan strategi pengembangan usaha pada produk yang sudah ada dan menambah produk baru seperti batik ecoprint atas ide pemerintah dan mahasiswa dalam mengambangkan produk. Pengembangan pasar melalui penjualan dengan cara mendorong pembelian pada konsumen baru melalui kerja sama pemerintah dan pelaku bisnis dalam mengkolaborasikan inovasi dalam menciptakan motif batik yang bertema kearifan lokal. 2) Kendala yang perlu diperhatikan adalah komunikasi yang kurang intensif antara pemerintah, pelaku bisnis, dan akademisi sehingga program yang telah berjalan kurang maksimal bahkan hanya berjalan di awal program saja sehingga tidak ada pengawan dan evaluasi berkelanjutan. 3) Dengan memanfaatkan perkembangan digital dengan melakukan komunikasi via online sampai terjalin hubungan yang terus-menerus. Maka metode triple helix sangat berkaitan antara satu dengan yang lainnya baik itu pemerintah, akademis, dan pelaku bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Depositing User: Moh Faisal Bahri
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:41
Last Modified: 21 Dec 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30687

Actions (login required)

View Item View Item