Analisis Gejala Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Lilis, Andriyana (2023) Analisis Gejala Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kyai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Lilis Andriyana T20188040 Skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Lilis Andriyana, 2023: “Analisis Gejala Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Ajaran 2022/2023”

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Sistem Reproduksi
Biologi merupakan ilmu yang mempelajarai tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Pembelajaran biologi menurut siswa merupakan pembelajaran yang sulit salah satunya pada materi sistem reproduksi. Adanya gejala kesulitan tersebut disebabkan karena faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gejala kesulitan belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Arjasa?; 2) Faktor-faktor apa saja penyebab gejala kesulitan belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Arjasa?; 3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi gejala kesulitan belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Arjasa?.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan gejala kesulitan belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Arjasa; 2) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab gejala kesulitan belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Arjasa; 3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi gejala kesulitan belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Arjasa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case studies (studi kasus). Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non partisipasif, angket, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapa disimpulkan bahwa: 1) sebagian besar siswa memperoleh hasil belajar di bawah rata-rata, hasil belajar siswa tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan, terlambat ketika pengumpulan tugas, terdapat siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah, datang terlambat, keluar keas ketika pembelajaran dimulai, acuh tak acuh, tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi dan terdapat siswa ketika mendapat nilaai rendah tidak merasa sedih atau menyesal; 2) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI IPA SMA Negeri Arjasa Jember sebagian besar disebabkan karena faktor eksternal diantaranya, pada faktor sekolah disebabkan karena metode mengajar guru yang masih kurang tepat dan pada faktor masyarakat disebabkan faktor media massa; 3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI IPA SMA Negeri Arjasa Jember yaitu guru mengadakan remedial bagi siswa yang mendapat nilai ulangan yang rendah atau di bawah KKM 80 dan guru memberikan tugas merangkum atau meringkas materi bagi siswa yang masih mendapat nilai rendah setelah melakukan remedial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Lilis Andriyana
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:08
Last Modified: 21 Dec 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30691

Actions (login required)

View Item View Item