Penerapan Teknik Tracing The Dots untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jember

Aprilia, Lely (2023) Penerapan Teknik Tracing The Dots untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lely Aprilia_D20195004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lely Aprilia,2023 : Penerapan Teknik Tracing The Dots Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jember
Kata Kunci: Tracing The Dots,Motorik Halus ,Tunagrahita

Salah satu permasalahan yang dimiliki oleh anak tunagrahita yaitu keterbatasan dalam perkembangan intelegensi dimana sanagat mempengaruhi dalam proses kehidupan seperti sulit untuk berjalan, duduk dan menggunakan tangannya dengan hal ini berpengaruh pada keterampilan motorik halus. Anak tunagrahita membutuhkan teknik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus seperti penggunaan teknik tracing the dots merupakan salah satu teknik yang melatih motorik halus seperti melakukan kegiatan menebalkan garis putus-putus berupa pola huruf atau angka.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan teknik tracing the dots untuk meningkatkan motorik halus pada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi ,wawancara,dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data,penyajian data, penarikan kesimpulan.
Penerapan teknik tracing the dots yang diberikan kepada anak tunagrahita untuk meningkatkan kemampuan motorik halus yaitu dengan cara melatih anak untuk memagang pensil dan menulis pada media yang telah disiapkan berupa gambar dalam berbagai macam bentuk titik-titik yang menyesuaikan kemampuan dengan didampingi guru sebagai fasilitor. Ketika anak mampu menulis dengan baik guru memberikan hadiah atau reward berupa pujian dari hasil yang diterapkan menggunakan teknik tracing dots tersebut.
Hasil dari penerapan teknik tracing the dots ini cukup efektif terdapat peningkatan dalam menulis seperi melatih kefokusan,siswa dapat memagang pensil, dengan benar,dapat menghubungkan titik-titik dalam bentuk angka,huruf, bunga,buah maupun bentuk lainnya. Teknik tracing the dots dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan motorik halus pada siswa dan membutuhkan stimulus dan latihan secara terus menerus. Adapun faktor yang menjadi penentu terjadi perubahan dalam meningkatkan motorik halus pada anak adalah dukungan orang tua dan dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Ms Lely Aprilia
Date Deposited: 09 Jan 2024 00:23
Last Modified: 09 Jan 2024 00:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30695

Actions (login required)

View Item View Item