Implementasi Program KUA Goes To School Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini di KUA Kecamatan Silo,Kabupaten Jember Perspektif Maqashid syariah. Program Studi Hukum Keluarga Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achamad Siddiq Jember.

Yuli Widiyawati, YW (2023) Implementasi Program KUA Goes To School Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini di KUA Kecamatan Silo,Kabupaten Jember Perspektif Maqashid syariah. Program Studi Hukum Keluarga Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achamad Siddiq Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
tesis new.pdf

Download (23MB)

Abstract

Salah satu masalah sosial yang sering terjadi dalam tatanan masyarakat adalah pernikahan dini. Pernikahan yang dilakukan tanpa memperhatikan kematangan usia dan mental dapat berakibat buruk bagi pasangan suami istri dan ketidak harmonisan rumah tangga, terlebih menyebabkan perceraian. Maka dari itu perlunya pemahaman kepada remaja yang belum matang dan belum mencukupi batas minimum untuk menikah. KUA merupakan lembaga yang mengurusi hal tersebut menggalakkan program Goes to School guna memberikan pemahaman bagi para remaja.
Pendekatan yang dipilih oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Hukum. dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan berbagai sumber yang relevan.
Penelitian ini berfokus pada penerapan program KUA sebagaimana yang tertuang dalam fokus penelitian yaitu: 1.Mengapa KUA Kecamatan Silo Kabupaten Jember mengadakan program KUA goes to school ? 2.Bagaimana mekanisme pelaksanaan program KUA goes to school di KUA Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 3. Bagaimana implikasi program KUA goes to school terhadap pedewasaan usia perkawinan dalam upaya pencegahan pernikahan dini di KUA Kecamatan Silo Kabupaten Jember perspektif Maqashid syariah?
Hasil penelitian yang dilakukan menerangkan bahwa: 1. Program Goes To School bertujuan memberikan penyluhan agar menambah pengetahuan dan memberikan wawasan serta edukasi agar terciptanya penikahan yang sakinah mawaddah warohmah. Dan upaya mencegahan pernikahan dini. 2. Mekanisme pelaksanaan program KUA Goes To School dilakukan selama 3 hari dengan 3 materi pokok yang disampaikan yaitu pencegahan pernikahan dini, batas minimum usia nikah menurut undang undang dan dampak pernikahan dini. Peserta program Goes To School merupakan siswa siswi Mts dan MA di kecamatan Silo jember. Pada saat pelaksanaan program ini di sekolah mereka dikumpulkan di satu ruangan semisal aula atau ruangan yang cukup luas pada saat disampaikannya materi. 3. Implikasi Program KUA goes to school terhadap pedewasaan usia perkawinan dalam upaya pencegahan pernikahan dini di KUA Kecamatan Silo Kabupaten Jember menurut tinjauan Maqashid syariah. Pada Maqosidus Syari’ah Hifz al-diin,, Hifz al –nafs, Hifz Al-‘aql, dan juga Hifz Al-mal berdampak baik dan tujuan maqosidus syaria’ah dapat tercapai. Namun, pada Maqosidusyari’ah Hifz al-nasl program ini sedikit kurang sesuai dikarenakan program tersebut lebih condong terhadap aturan perundang undangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: KUA Goes To School, Pendewasaan Usia Perkawinan, Pernikahan Dini, Maqashid syariah
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Yuli Widiyawati S.H
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:11
Last Modified: 21 Dec 2023 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30703

Actions (login required)

View Item View Item