PENGENDALIAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA TIKTOK SHOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Cahyani, Dinda Yustin (2023) PENGENDALIAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA TIKTOK SHOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN KHAchmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dinda Yustin Cahyani (E20192026)..pdf

Download (1MB)

Abstract

Dinda Yustin Cahyani, 2023: Pengendalian Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada TikTok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Kiai Achmad Siddiq Jember)
Kata kunci: Pengendalian, Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Tiktok Shop

Tiktok Shop memberikan banyak tawaran dari mulai diskon, harga yang lebih murah, hingga gratis ongkir, membuatnya tidak kalah bersaing dengan e-commerce atau marketplace lain. Hal tersebut membuat belanja online di Tiktok Shop semakin banyak diminati oleh masyarakat. Berbelanja online bukan lagi karna kebutuhan tetapi besarnya keinginan membeli barang yang mungkin sedang diskon ataupun hanya sekedar membeli karna kemudahan bertransaksi tanpa memperdulikan manfaat barang tersebut, mengakibatkan perilaku konsumtif terjadi dikalangan mahasiswa. Pengendalian diri diperlukan untuk menekan perilaku konsumtif terjadi agar tidak berlebihan dalam melakukan belanja online.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perilaku konsumtif belanja online di tiktok shop pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember? 2) Bagaimana pengendalian perilaku konsumtif pada belanja online melalui tiktok shop oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan perilaku konsumtif belanja online di Tiktok shop pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan pengendalian perilaku konsumtif melalui Tiktok shop pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan menganalisis pengendalian perilaku konsumtif pada mahasiswa di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achamd Siddiq Jember. Adapun teknik Pengumpulan menggunakan Wawancara, Observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1. Perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terjadi karena gemarnya mahasiswa melakukan transaksi belanja online dengan membeli produk fashion yang menjadi frekuensi tertinggi pada jenis barang yang dibeli. Selain itu kemudahan bertransaksi, promosi, video konten yang ada di Tiktok, potongan harga, harga yang lebih murah, gratis ongkir, serta pengaruh dari teman juga berpengaruh pada terjadinya perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa. 2. Pengendalian diri yang dilakukan mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dilakukan saat mereka merasa bahwa telah melakukan belanja online secara berlebihan. Pengendalian yang mereka lakukan dengan cara mementingkan skala prioritas kebutuhan atau mengurangi belanja online dan sebagian mengurangi mengakses Tiktok untuk menghindari pengaruh-pengaruh dari video-video konten yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dinda Yustin Cahyani
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:24
Last Modified: 21 Dec 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30707

Actions (login required)

View Item View Item