Strategi Pelayanan Prima di PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Afisena, Wildan (2023) Strategi Pelayanan Prima di PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
PS_Wildan Diki Afisena_E20171158.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Wildan Diki Afisena, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I.,M.S.I 2023: Strategi Pelayanan Prima Di PT. Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Memberikan pelayanan terbaik kepada umat manusia adalah pekerjaan yang sangat mulia dan merupakan pintu kebaikan bagi siapa yang melakukannya. Bagi perusahaan yang bergerkan di bidang jasa perbankan, memberikan layanan terbaik merupakan harapan dari nasabah sehingga terciptanya kepuasan nasabah.
Fokus masalah yang di teliti dalam peneltian ini yaitu: 1) Bagaimana Strategi Pelayanan Prima di PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong? 2) Bagaimana Strategi Pelayanan Prima di PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong dalam Perspektif Etika Bisnis Islam? 3) Bagaimana Kendala Strategi Pelayanan Prima di PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong?.
Tujuan dari penilitian ini yaitu: 1) Mengetahui Strategi Pelayanan Prima di PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong. 2) Mengetahui Strategi Pelayanan Prima di PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. 3) Mengetahui Kendala Strategi Pelayanan Prima PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan menggunakan analisis deskriptif yaitu informasi dan data yang sudah didapat dilapangan selanjutnya dianalisis dan di ambil kesimpulannya, penelitian ini menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data pada penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber.
Dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan nasabah, 1) Bahwa lembaga PT. Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong menerapkan strategi pelayanan prima yaitu strategi A6 yaitu kemampuan (ability), sikap(attitude), penampilan(appearance), perhatian(attention), tindakan(action), dan tanggung jawab(accountability); 2) Srategi Pelayanan Prima dalam Perspektif Etika Bisnis Islam yang dilakukan oleh PT. BPR Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan atau keadilan, prinsip kehendak bebas, dan prinsip tanggung jawab; 3) Sementara dalam menerapkan strategi tersebut terdapat kendala, kendala yang ada di PT. BPR Nur Semesta Indah Kantor Pusat Kencong yaitu kurangnya ada pemahaman terhadap nasabah, sehingga nasabah tersebut kurang memahami dengan baik tentang prosedur yang ada namun lembaga PT. BPR NSI Kantor Pusat Kencong meminimalisir dengan konsep pelayanan prima yang baik.

Kata kunci: Strategi Pelayanan Prima, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Wildan Diki Afisena
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:31
Last Modified: 21 Dec 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30721

Actions (login required)

View Item View Item