EFISIENSI LAYANAN TRANSAKSI NON TUNAI MELALUI BSI MOBILE BAGI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP JEMBER GAJAH MADA

Moh, Edi Tanzil (2023) EFISIENSI LAYANAN TRANSAKSI NON TUNAI MELALUI BSI MOBILE BAGI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP JEMBER GAJAH MADA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Revisi Sidang.pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh. Edi Tanzil, Toton Fanshurna. 2023: Efisiensi Layanan Transaksi Non Tunai Melalui BSI Mobile Bagi Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada

Trend digitalisasi saat ini telah mengubah perilaku transaksi masyarakat ke arah tuntutan yang lebih besar pada mobilitas, kecepatan, fleksibilitas (open dan omni platform), namun tetap aman. Oleh karena itu, Bank Syariah Indonesia harus mampu bersaing dalam menyediakan layanan transaksi non tunai berupa BSI Mobile. BSI Mobile adalah aplikasi layanan transaksi non tunai yang terdapat berbagai fitur multifungsi yang bisa di akses dimana saja dan kapan saja melalui HP nasabah yang sudah mengaktivasi BSI Mobile secara online maupun datang langsung ke kantor nya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran dan fungsi BSI mobile dalam layanan transaksi non tunai bagi nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada? 2) Bagaimana efisiensi layanan transaksi non tunai melalui BSI Mobile bagi nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran dan fungsi BSI mobile dalam layanan transaksi non tunai bagi nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada? 2) Untuk mengetahui efisiensi layanan transaksi non tunai melalui BSI Mobile bagi nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada yang bertempat di Kota Jember Kecamatan Kaliwates. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1) Peran penting BSI Mobile bagi nasabah adalah kemudahan akses untuk bertransaksi non tunai dan dapat dijadikan pengelolaan keuangan, serta fungsi dari BSI Mobile bagi nasabah adalah layanan atau alat yang digunakan dalam bertransaksi, baik kesesama BSI ataupun ke antar bank, dan juga memberikan gambaran tentang situasi keuangan saat ini, seperti cek saldo dan riwayat keuangan lainnya. 2) Letak efisiensi layanan transaksi non tunai melalui BSI Mobile bagi nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada yaitu terpenuhi nya 4 indikator, di antaranya: efisiensi teknis, efisiensi skala, efisiensi biaya, dan efisiensi alokatif.

Kata Kunci: Efesiensi, Transaksi Non Tunai, BSI Mobile

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Man Moh. Edi Tanzil
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:21
Last Modified: 21 Dec 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item View Item