PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGREJO 04 SUMBERSARI JEMBER

Wahidi, Alfian (2023) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGREJO 04 SUMBERSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
edit skripsi alfian wahidi 201101030045 fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alfian Wahidi, 2023: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri Karangrejo 04 Sumbersari Jember
Kata Kunci, Kepemimpinan Demokratis, kepotensi guru pada penerapan kurikulum merdeka belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sekolah yang memiliki jumlah siswa yang stabil, akan tetapi potensi guru dalam penerapan kurikulim merdeka beajar masih minim. Hal tersebut kemudian mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam terkait seberapa besar pengaruhnya antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kopetensi guru pada penerapan kurikulum merdeka belajar disekolah
Penelitian ini memiliki rumusan masalah: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri Karangrejo 04 Sumbersari Jember
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada dan Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri Karangrejo 04 Sumbersari Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear. Populasi meliputi seluruh guru di sekolah dasar negeri karangrejo 04 sumbersari jember. Sedangkan populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 15 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel junuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS Version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan apakah terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kopetensi guru pada penerapan kurikulum merdeka belajar di SDN Karangrejo 04 Sumbersari Jember. Analisis hasil perhitungan menunjukkan Ada pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kompetensi guru penerapan kurikulum Merdeka Belajar di SDN Karangrojo 04 Sumbersari Jember. Temuan ini didasarkan pada nilai signifikansi sebesar 0,070 yang lebih besar dari 0,05. Pengaruhnya sebesar 7 % sedangkan 93% diketahui berasal dari faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alfian Fian Mardiatul
Date Deposited: 22 Dec 2023 05:58
Last Modified: 22 Dec 2023 05:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30730

Actions (login required)

View Item View Item