faradisa, Ermita (2023) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin Khas Achmad Siddiq Jember.
Text
ermita fiks watermark.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ermita Faradisa, 2023. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Kooperatif Numbered Heads Together (NHT), Berpikir Kritis
Proses kegiatan pembelajaran dikelas VII D SMPN 8 Jember mata pelajaran IPS siswa sering menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang bersifat kompleks. Mereka kesulitan dalam mengidentifikasi masalah inti, mengumpulkan informasi pembelajaran IPS yang bersifat relevan dalam kehidupan sehari-hari. hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, maka dari itu dengan penggunaan model kooperatif numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas VII.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas VII D SMPN 8 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif numbered heads together dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMPN 8 Jember.
Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun teknik analisis data ialah reduksi data, analisis deskriptif presentase, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini ialah 1) Penerapan pembelajaran kooperatif numbered heads together menggunakan jenis penelitian tindakan kelas sebanyak II siklus. Peneliti merencanakan keperluan pembelajaran seperti menentukan materi pembelajaran, menyiapkan rpp lengkap beserta lkpd. 2) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) pada prasiklus diperoleh presentase 23,3% kemudian pada siklus I diperoleh presentase 50% mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 90% dari jumlah siswa 30 orang terdapat (27 siswa) yang sudah mengalami peningkatan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Depositing User: | Ermita faradisa Ermita faradisa |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 07:38 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 07:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30732 |
Actions (login required)
View Item |