IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA PRASARAN APADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-QODIRI GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER

Nurdiansyah, Mohammad Avi (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA PRASARAN APADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-QODIRI GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad avi nurdiansyah T20183155 MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Avi Nurdiansyah 2023: Implementasi Sarana Prasarana Pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di Sekolah Menengah Kejuruan Al Qodiri Gumukmas Jember
Kata Kunci : Implementasi sarana, Implementasi Prasarana.
Sarana pendidikan dan prasarana pendidikan tidaklah sama, sarana pendidikan adalah semua fasilitas (peralatan, perlengkapan, bahan, dan perabotan) yang secara langsung digunakan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien, seperti: gedung, ruang kelas, meja kursi, media pembelajaran, perpustakaan, kantor kepala sekolah, ruang osis, tempat parkir, dan ruang laboratoriun atau ruang praktek. Dengan demikian pembelajaran praktik di SMK memiliki peranan yang sangat penting dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, dengan pemberian alokasi waktu pembelajaran praktik yang lebih besar dibandingkan alokasi waktu pembelajaran teori maka, ketersediaan sarana dan prasarana atau fasilitas praktik di Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran dan kualitas tamatan Sekolah Menengah Kejuruan.
Adapun fokus penelitian ini adalah sebagaiamana berikut ini: (1) Bagaimana Implementasi Sarana di sekolah menengah kejuruan Al Qodiri Gumukmas Jember dalam melatih skill teknik kenderaan ringan (2) Bagaimana Implementasi prasarana di sekolah menengah kejuruan Al Qodiri Gumukmas Jember dalam melatih skill teknik kenderaan ringan.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Sarana dan Praasaranan di Sekolah Menengah Kejuruan Al Qodiri Gumukmas Jember dalam melatih skill teknik kendaraan ringan
Adapun penelitian ini meggunakan metode Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dimaksud penelitian dengan pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang mengahasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati.
Adapun skripsi ini membahas tentang Implementasi manajemen sarana dan prasarana bagi siswa dalam peningkatan kualitas skill dan kompentensi yang ada di SMK Al Qodiri Gumukmas Jember. Pada tahap perencanaan sarana dan prasarana sekolah melakukan analisis kebutuhan rapat bersama dengan komite sekolah dan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan. Kemudian di tuangkan dalam RKT dan RKJM SMK Al Qodir Gumukmas Jember. Pada tahap pelaksanan ini ada dua kegiatan yaitu, Pengadaan sarana dan prasarana yang ada di SMK Al Qodiri Gumukmas Jember, berupa sarana alat-alat praktek seperti kunci-kunci mesin, kendaraan dan juga alat pendukung lainnya. Pengadaan prasarana yakni meliputi Gedung, ruang praktik, ruang kelas, tempat ibadah. Pada tahap Evaluasi sarana yakni evaluasi sarana yang ada di sini khusunya yang terlibat langsung dengan kegiatan belajar mengajar. Sedangkan evaluasi prasarana dilakukan pengecekan prasarana setiap tahun serta pemeliharaan prasarana juga dilakukan sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Avi Nurdiansyah
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:45
Last Modified: 21 Dec 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30733

Actions (login required)

View Item View Item