Digitalisasi Bibliotek Kitab Tafsir Kontemporer Abad XIX-XX Berbasis Android

Wahyudi, Muhammad Nur (2023) Digitalisasi Bibliotek Kitab Tafsir Kontemporer Abad XIX-XX Berbasis Android. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M.Nur Wahyudi_205104010004.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berawal dari sering ditemui masalah keterbatasan dan kesulitan dalam mencari sumber referensi terkait kitab tafsir dan pentingnya mengetahui metodologi penafsiran yang dipakai oleh para penafsir. Selain itu, sumber referensi terkait kitab tafsir masih sulit dan terbatas. Penelitian ini, bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis Android yang di dalamnya memuat kumpulan E-book kitab tafsir beserta karakteristik dan metodologi penafsirannya. Di lain sisi, zaman serba teknologi, smartphone menjadi kebutuhan primer masyarakat dan penunjang kegiatan aktifitasnya dalam sehari-hari maka perlu dimanfaatkan dengan baik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana merancang dan membangun fitur layanan aplikasi bibliotek kitab tafsir Kontemporer? 2) Bagaimana tingkat kemudahan pengguna aplikasi bibliotek kitab tafsir kontemporer? 3) Bagaimana karakteristik dan metodologi penafsiran kitab tafsir Kontemporer Abad XIX-XX?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana merancang dan membangun fitur dan layanan aplikasi bibliotek kitab tafsir Kontemporer. 2) Untuk mengetahui tingkat kemudahan aplikasi bibliotek kitab tafsir Kontemporer. 3) Untuk mendeskripsikan karakteristik dan metodologi penafsiran kitab tafsir Kontemporer Abad XIX-XX.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model konseptual pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validasi dilakukan oleh validator ahli materi, validator ahli media, dan validator ahli bahasa. Penelitian ini menggunakan 80 responden dari kalangan mahasiswa, dosen, dan pengguna aplikasi sebagai objek uji coba penelitiannya.
Hasil penelitian ini adalah 1) Proses perancangan dan pembangunan fitur dan layanan aplikasi bibliotek kitab tafsir Kontemporer melalui 5 tahapan, yakni: analyze, design, develop, implement, dan evaluation. 2) Dari hasil pengujian SUS, aplikasi bibliotek kitab tafsir Kontemporer memperoleh skor SUS 74,53, kategori good, precentile rank 51%, sehingga dari keterangan tersebut, aplikasi dapat dikatakan baik dan layak digunakan. 3) Karakteristik dan metodologi penafsiran kitab tafsir Kontemporer di Timur Tengah Abad XIX-XX dilihat dari sumber penafsirannya banyak menggunakan Ra’yi, dengan corak Ada>bi> Ijtima>‘i, Fiqh, dan ‘Ilmi>, sasaran dan tertib ayat menggunakan metode Tahli>li>, keluasan It}na>bi>, dan penjelasan Baya>ni>.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bibliotek Kitab Tafsir, Digitalisasi Kitab Tafsir, Metodologi Tafsir
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: WAHYUDI MUHAMMAD WAHYUDI
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:02
Last Modified: 22 Dec 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item