Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMK Nurul Hasan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2022

Hakiki, Sakinatul (2023) Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMK Nurul Hasan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sakinatul Hakiki_E20193034.pdf

Download (20MB)

Abstract

Sakinatul Hakiki, H. Fauzan, 2023: Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMK Nurul Hasan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2022
Kata Kunci: Bantuan Operasional Sekolah, Akuntabilitas, Transparansi
Pasal 34 ayat 2 menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar, salah satu upayanya dengan mengadakan sebuah inovasi dalam sebuah bidang pendanaan yang disebut dengan istilah dana bantuan operasional sekolah (BOS). Melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS) peserta didik akan dibebaskan dari beban biaya operasional sekolah. Program BOS ini bertujuan untuk memberikan bantuan dalam mengoperasikan sekolah dan meringkan beban masyarakat luas terhadap pembiayaan pendidikan agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar sembilan tahun yang bermutu. Adanya program dana bantuan operasional sekolah (BOS), sekolah dituntut kemampuannya untuk dapat merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan biaya-biaya pendidikan tersebut secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah. Pengelolaan dana baik dari pemerintah maupun masyarakat harus dilandasi dengan akuntabilitas dan transparansi. Dengan pengelolaan dana yang akuntabel dan transparan, masyarakat dapat mengetahui dana sekolah yang telah dibelanjakan dan digunakan.
Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1. Bagaimana penerapan akuntabilitas dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada SMK Nurul Hasan?., 2. Bagaimana penerapan transparansi dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada SMK Nurul Hasan?.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada SMK Nurul Hasan., 2. Untuk mengetahui penerapan prinsip transparansi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada SMK Nurul Hasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Penerapan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS di SMK Nurul Hasan sudah cukup baik dengan adanya pembuatan dokumentasi dari setiap hasil anggaran kegiatan, dan juga kegiatan pelaporan untuk mempertanggungjawabkan setiap penggunaan dana sudah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. 2. Penerapan transparansi dalam pengelolaan dana BOS pada SMK Nurul Hasan sudah berjalan cukup baik karena sudah sesuai dengan petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah, yaitu dengan adanya keterbukaan dan keterlibatan semua komponen sekolah yang berkepentingan mulai dari tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan serta tahapan pelaporan dan pertanggungjawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Sakinatul Hakiki
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:22
Last Modified: 22 Dec 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item View Item