Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Tari Kreasi Daerah Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Zainur Ridho Probolinggo

Eka Nofita, Sari (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Tari Kreasi Daerah Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Zainur Ridho Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN khas jember.

[img] Text
EKA NOFITA SARI_T20194105.pdf

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu komponen penting yang terdapat dalam proses pembelajaran. Pendidikan seharusnya memberikan perhatian serius terhadap penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi, kurangnya varasi dan ketidak optimalan dalam penggunaan media pembelajaran dapat mengakibatkan kurangnya minat siswa terhadap media pembelajaran. Pada saat pembelajaran berlangsung pendidik menggunakan media pembelajaran, namun berupa media pembelajaran video sederhana dan kurang menarik untuk peserta didik, kemudian peneliti mengembangkan media video menjadi video animasi agar dapat memudahkan pendidik dan peserta didik. Pada penelitian ini peneliti memilih pembelajaran seni budaya dan prakarya materi tari kreasi daerah di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Zainur Ridho Probolinggo. Peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran menjadi video animasi untuk mempermudah pemahaman peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media video animasi tari kreasi daerah pada pembelajaran seni budaya dan prakarya kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Zainur Ridho Probolinggo? 2) Bagaimana kelayakan media video animasi tari kreasi daerah pada pembelajaran seni budaya dan prakarya kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Zainur Ridho Probolinggo.
Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran video animasi tari kreasi daerah pembelajaran seni budaya dan prakarya kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Zainur Ridho Probolinggo. 2) Megetahui kelayakan media pembelajaran video animasi tari kreasi daerah pada pembelajaran seni budaya dan prakarya kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Zainur Ridho Probolinggo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Dalam mengembangkan media pembelajaran video animasi tari kreasi daerah peneliti menggunakan model ADDIE dengan tahapan (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Dalam analisis kualitatif bersumber dari observasi dan wawancara. Pada analisis kuantitatif diperoleh dari hasil penilain pada lembar angket berupa angka dengan skor yang diperoleh. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar angket respon siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah media pembelajaran video animasi. (2) Hasil kelayakan video animasi diketahui dari nilai validasi oleh validator ahli materi yang memperoleh nilai rata-rata presentase 92,50% dengan kriteria sangat layak dan validator ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase 93,75% dengan kriteria sangat layak serta tanggapan guru diperoleh nilai rata-rata presentase 95% dengan kriteria sangat layak. Untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan pretest dan postest. Dan tahap akhir hasil respon siswa terhadap media pembelajaran video animasi memperoleh nilai rata-rata presentase 93,50% yang dinyatakan sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Kura Kaupapa Maori (Maori Primary Education)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Nofita Sari Miss
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:28
Last Modified: 22 Dec 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30751

Actions (login required)

View Item View Item