Financial Performance Berbasis Konsep Value For Money Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Tahun 2020-2022

Apriyanisa, Nur (2023) Financial Performance Berbasis Konsep Value For Money Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Tahun 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Apriyanisa_E20193001.pdf

Download (20MB)

Abstract

Nur Apriyanisa, Nur Ika Mauliyah, 2023: Financial Performance Berbasis Konsep Value For Money Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Tahun 2020-2022
Kata Kunci: Financial Performance dan Value For Money

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 19 tahun 2020 tentang pengukuran indeks pengelolaan daerah, bahwa untuk menilai kualitas kinerja tata kelola keuangan daerah, perlu dilakukan pengukuran indeks pengelolaan keuangan daerah. Salah satu indeks pengukuran yang digunakan untuk menilai pertanggungjawaban suatu instansi pemerintah adalah dengan pengukuran menggunakan pendekatan value for money (VFM). Implementasi analisis rasio pada organisasi sektor publik khususnya terhadap APBD masih sangat jarang digunakan, sehingga secara teori belum ada kesepakatan secara resmi mengenai nama dan kaidah pengukurannya. Meskipun demikian untuk pengelolaan keuangan daerah yang transparan, jujur, demokratis, efektif, efisien dan akuntabel, analisis rasio terhadap APBD perlu diterapkan meski kaidah pengakuntansian dalam APBD berbeda dengan yang dimiliki oleh perusahaan swasta, sehingga penggunaan value for money sebagai alat ukur kinerja pemerintah dianggap sudah tepat.
Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana kinerja keuangan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima periode tahun 2020-2022 berdasarkan konsep Value For Money?., 2. Bagaimana dampak penerapan konsep Value For Money pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima?.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui kinerja keuangan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima periode tahun 2020-2022 berdasarkan konsep Value For Money., 2. Untuk mengetahui dampak dari penerapan konsep Value For Money pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Serta analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji dependability.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Kinerja keuangan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima berdasarkan konsep value for money dari sisi ekonomis pada tahun 2020-2022 dikatakan ekonomis, dari sisi efisiensi pada tahun 2020 dikatakan tidak efisien dan pada tahun 2021-2022 dikatakan efisien. dari sisi efektivitas pada tahun 2020-2022 dikatakan efektif. 2. Penerapan konsep value for money pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima memberikan dampak pada kinerja keuangan dari sisi ekonomis berupa penggunaan anggaran yang dapat dilihat titik hematnya dalam penentuan harga suatu kegiatan, dari sisi efisiensi ini juga dapat membuat alokasi belanja yang lebih berorientasi pada kepentingan dan tepat pada sasaran, dari sisi efektivitas dapat melihat kebutuhan masyarakat agar penggunaan dananya tidak sia-sia dan memiliki dampak bagi masyarakat yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms. Nur Apriyanisa
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:25
Last Modified: 22 Dec 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30752

Actions (login required)

View Item View Item