Analisis Manajemen Risiko pada Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) Ekspedisi J&T Express di Kabupaten Jember

Rahmawati, Ika (2023) Analisis Manajemen Risiko pada Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) Ekspedisi J&T Express di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK IKA NEW.pdf

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memiliki dampak besar pada transformasi dunia digital. Hal ini tercermin dalam perubahan perilaku pengguna media sosial yang semakin cenderung melakukan transaksi ekonomi, khususnya melalui e-commerce atau belanja online. Fenomena ini menjadi lebih signifikan sejak pandemi covid-19 yang membatasi kegiatan di luar rumah. Proses belanja online melibatkan penggunaan aplikasi Shopee dan sejenisnya yang dapat diakses melalui smartphone. Pembayaran dilakukan sesuai dengan preferensi konsumen, termasuk metode COD yang populer karena dianggap lebih aman dan dapat mengurangi risiko penipuan. Keseluruhan, transformasi ini mencerminkan adaptasi masyarakat terhadap perubahan teknologi dan situasi global, dengan fokus pada kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.

Fokus penelitian skripsi ini adalah bagaimana prosedur dalam melakukan pembayaran COD, bagaimana pengukuran risiko pada metode pembayaran COD dan pengendalian risiko pada metode pembayaran COD Ekspedisi J&T Express di Kabupaten Jember?.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur dalam melakukan pembayaran COD, untuk mengetahui pengukuran risiko pada metode COD) dan untuk mengetahui pengendalian risiko pada metode pembayaran COD Ekspedisi J&T Express Jember.

Penelitian ini dilakukan di Ekspedisi J&T Express Cabang Jember dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan datayang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yakni tahap pra lapangan, tahap pelaksaan dan tahap analisis data.

Kesimpulan penelitian ini adalah langkah tepat menggunakan metode COD yaitu konfirmasi, pengiriman, penerimaan dan pemeriksaan barang oleh pelanggan, pembayaran, serta konfirmasi pembayaran, setelah konfirmasi selesai, proses COD dianggap selesai. Pengukuran risiko pada metode pembayaran COD dilakukan analisis data perilaku pelanggan, verifikasi identitas pelanggan, dan evaluasi terus menerus untuk memperbarui perlindungan terhadap risiko kerusakan barang. Strategi pengendalian risiko yang diterapkan oleh J&T Express mencakup penghindaran, pengurangan serta duplikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Ika Rahmawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:02
Last Modified: 22 Dec 2023 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30753

Actions (login required)

View Item View Item