Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang

Nurul, Hidayah (2023) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
SKRPSI NURUL HIDAYAH WATER MARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan Fakta yang ditemukan peneliti menemukan keunikan yaitu Kepala Madrasah adalah penggerak pelaksanaan manajemen pendidikan yang berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan Madrasah Aliyah Negeri Lumajang yang dinobatkan sebagai Madrasah percontohan satu-satunya yang berada di Kota Lumajang. Permasalahan yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN lumajang. Dalam hal ini sebagaimana strategi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Lumajang sehingga sekolah bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Mutu Pendidikan ialah kemampuan sekolah dalam pengelolahan secara operasional dan efisien terhadap komponen-komponen yang berkaitan dengan Madrasah sehingga menghasilkan nilai tambah terhadap Madrasah tersebut.
Adapun fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana perencanaa strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Lumajang? 2) Bagaimana strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Lumajang ? 3) Bagaimana pelaksanaan evaluasi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Lumajang?
Tujuan penelitian ini ialah : 1) Untuk mengetahui perencanaan strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Lumajang, 2) Untuk mengetahui Bagaimana strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Lumajang, 3) Untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Lumajang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan janis penelitian desktiptif. Tehnik pengumpulan data, menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini : 1) tindakan Kepala Madrasah dalam perencanaan strategi dalam setiap Madrasah sangatlah diperlukan, karena untuk menciptkan Madrasah yang bermutu kualitas sehingga bisa membangun kinerja yang efektif dan efisiean, 2) tindakan strategi Kepala Madrasah yang sesuai dengan memfokuskan pada pengembangan peserta didik yang dapat melatih 3 komponen yaitu (Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik) sehingga dapat mencetak generasi yang sesuai target, 3) pelaksanaan evaluasi Kepala Madrasah diperlukan untuk mempelajari strategi tersebut berhasil atau gagal. Proses pelaksanana evaluasi juga bisa dijadikan pembelajaran untuk proses perumusan strategi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Depositing User: S.Pd Nurul Hidayah
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:58
Last Modified: 21 Dec 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30754

Actions (login required)

View Item View Item