ANALISIS MULTIMODAL UNTUK MEMAHAMI ISTILAH BINTANG DALAM AL QUR’AN PADA CHANNEL YOUTUBE AGUS MUSTOFA

Rozikin, Zainur (2023) ANALISIS MULTIMODAL UNTUK MEMAHAMI ISTILAH BINTANG DALAM AL QUR’AN PADA CHANNEL YOUTUBE AGUS MUSTOFA. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zainur Rozikin_204104010061.pdf

Download (68MB)

Abstract

Bintang merupakan fenomena alam yang sering dibahas dalam al-Qur'an. Dalam al-Qur'an, terdapat lima istilah yang berbeda. Perbedaan istilah tersebut menunjukkan bahwa setiap istilah memiliki makna dan rasa bahasa yang berbeda. Namun, dalam terjemahan al-Qur'an bahasa Indonesia, kelima istilah tersebut diterjemahkan dengan istilah yang sama, yaitu “bintang-bintang”. Hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam memahami ayat-ayat terkait istilah bintang dalam Al-Qur'an. Peneliti tertarik untuk mengkaji cara penafsiran Agus Mustofa terhadap istilah-istilah bintang dalam al-Qur'an yang menggunakan gambaran visual sebagai pelengkap dalam penyampaiannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penjabaran istilah bintang dalam al-Qur’an pada kajian Agus Mustofa? 2) Bagaimana penerapan analisis wacana multimodal pada kajian Agus Mustofa tentang istilah bintang dalam al-Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penjabaran istilah bintang dalam Al-Qur’an pada kajian Agus Mustofa. 2) Mendeskripsikan penerapan analisis wacana multimodal pada kajian Agus Mustofa tentang istilah bintang dalam al-Qur’an.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Netnografi yaitu bentuk penelitian kualitatif yang berusaha untuk memahami pengalaman budaya yang mencakup dan tercermin dalam jejak digital, praktik dan sistem jejak online. Jejak online dapat berupa teks, grafik, fotografi, audiovisual, musik, iklan komersial, dan banyak hal lainnya. Dengan menerapkan teori analisis multimodal yang merupakan studi wacana untuk mempelajari bahasa yang dikombinasikan dengan sumber daya lain, seperti: gambar, simbolisme ilmiah, isyarat, tindakan, musik, dan suara. Menganalisis metode penyampaian yang digunakan Agus Mustofa tentang istilah bintang dalam al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Agus Mustofa mengartikan istilah al-kawkab/kawa>kib diartikan sebagai planet, istilah an-najm/an-nuju>m diartikan sebagai Bintang secara umum, istilah al-buru>j/burj diartikan sebagai Gugusan Bintang dan Galaksi-galaksi, istilah al-mis}ba>h/mas}abi>h diartikan sebagai hujan meteor, istilah al-khunnas diartikan sebagai Black Hole atau Bintang Neutron. 2) Dengan menerapkan teori yang digagas Krees dan Leeuwen, peneliti menemukan adanya keselarasan antara wacana dan desain yang diangkat oleh Agus Mustofa dalam kelima videonya. untuk produksi dan distribusinya Agus Mustofa menggunakan aplikasi Adobe Primer dan Adobe After Effect untuk editing videonya, sedang untuk distribusinya beliau menggunakan platform media sosial, seperti: YouTube, Tiktok, dan Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mahasiswa Zainur Rozikin
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:18
Last Modified: 22 Dec 2023 09:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30755

Actions (login required)

View Item View Item