Implemetasi Prinsip Good Corporate Governance di Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember

muhimah, nahdiyatul (2023) Implemetasi Prinsip Good Corporate Governance di Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nahdiyatul Muhimah_20110501001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nahdiyatul Muhimah, Ana Pratiwi, 2023: Implementasi Prinsip Good Corporate Governance di Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember.

Good Corporate Governance merupakan seperangkat sistem yang
mengatur, mengelola dan memantau proses pengendalian suatu bisnis atau perusahaan untuk memberikan nilai tambah, serta bentuk kepedulian terhadap pemangku kepentingan, karyawan, kreditor dan masyarakat sekitar untuk menciptakan lingkungan kerja manajemen yang bersih, transparan, dan professional.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana
implementasi Prinsip Good Corporate Governance di BPR Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Prinsip Good Corporate Governance di BPR Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember?(3) Apa dampak implementasi Prinsip Good Corporate Governance di BPR Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember?

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui implementasi Prinsip Good Corporate Governance di BPR Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Prinsip Good Corporate Governance di BPR Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember (3) Untuk mengetahui dampak implementasi Prinsip Good Corporate Governancedi BPR Nur Semesta Indah Kantor Cabang Jember.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi, yang berarti penggabungan dari tiga teknik pengumpulan data.
Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Good Corporate Governance di BPR Nur Semesta Indah telah menjalankan prinsip-prinsip GCG sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 4/POJK.03/2015 tanggal 31
Maret 2015 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR), baik secara internal maupun eksternal melalui 5 pilar utama yaitu Tranparency, Accountability, Responsibility, Independency, dan fainess.(2) Untuk mengatasi faktor pendukung dan penghambat implementasi Good Corporate Governance dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan mendetail terkait informasi yang dibutuhkan nasabah, melakukan survei, melihat cashflow nasabah, serta melakukan perundingan dengan dewan komisaris, dewan direksi, stalkholders, dan shareholder lainnya. (3)Menurut Forum For Corporate Governance di Indonesia, Good Corporate Governance mempunyai sejumlah dampak positif bagi perusahaan diantaranya kepercayaan masyarakat dan kinerja karyawan semakin meningkat, produktivitas Bank meningkat, Bank dapat mengambil keputusan secara mandiri, serta memberikan kepuasan pada pegawai maupun nasabah karena Bank memperhatikan kepentingan semua orang.

Kata Kunci: Prinsip Good Corporate Governance, Bank Perkreditan Rakyat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Nahdiyatul Muhimah
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:51
Last Modified: 22 Dec 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30756

Actions (login required)

View Item View Item