Komunikasi Antarbudaya dan Islam dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Nurwulandari, Dila (2023) Komunikasi Antarbudaya dan Islam dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DILA NURWULANDARI_D20191009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dila Nurwulandari, 2023 : Komunikasi Antarbudaya Dan Islam Dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Kata Kunci : Novel, Semiotika, Komunikasi Antarbudaya
Karya sastra masih sering dianggap sebagai sesuatu yang membosankan bagi orang-orang tertentu. Hal ini membuat orang cenderung menghindari sastra dan merasa tidak tertarik untuk membaca atau mempelajarinya. Padahal karya sastra menjadi salah satu media komunikasi yang diharapkan mampu memberikan fungsi didaktif, rekreatif, estetis, moralitas dan religiusitas. Novel Hati Suhita karya Khilma Anis mewakili hal tersebut dilihat dari tema menarik yang terkandung di dalamnya yaitu adanya unsur kebudayaan dan Islam. Kaitan antara budaya dan Islam yang melekat pada novel ini menjadi implementasi pengenalan, pemahaman serta wawasan baru yang akan didapat pembaca melalui media komunikasi berupa karya sastra dalam bentuk novel. Komunikasi yang disampaikan melalui media novel diharapkan menjadi salah satu cara efektif agar dapat memberikan pemahaman baru kepada masyarakat yang lebih luas. Sehingga novel dapat menjadi media yang baik dalam menggambarkan kehidupan sehari-hari, nilai-nilai, dan tradisi.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penggambaran novel Hati Suhita yang berkaitan dengan komunikasi antarbudaya dan Islam menurut analisis semiotika Roland Barthes? 2) Apa tujuan penulis mengangkat tema kebudayaan dan Islam pada novel Hati Suhita?
Tujuan penelitian adalah : 1) untuk mengetahui komunikasi antarbudaya dan Islam yang digambarkan dalam novel Hati Suhita. 2) Untuk mengetahui tujuan penulis mengangkat tema kebudayaan dan Islam pada novel Hati Suhita.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian analisis data dengan membaca novel secara berulang, mengumpulkan kutipan berdasarkan fokus penelitian dan menganalisisnya sesuai tujuan penelitian.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa : 1) Komunikasi antarbudaya yang terdapat dalam novel Hati Suhita ditemukan adanya budaya Jawa dan budaya Islam sebagai makna mitos. Dibalik makna mitos tersebut juga mengandung ideologi yang menjadi kepercayaan serta aturan dalam budaya masyarakat diantaranya ada nilai moral, nilai estetika, nilai religius dan nilai material. 2) Tujuan penulis mengangkat tema kebudayaan dan Islam agar pembaca dapat mempelajari budaya dengan mudah baik itu budaya Islam maupun budaya Jawa. Disajikan melalui karya sastra agar tidak terlalu berat untuk dipelajari dan bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dila Nurwulandari
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:25
Last Modified: 22 Dec 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30757

Actions (login required)

View Item View Item