PENANGANAN KREDIT MACET PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA DI UNIT AJUNGMANGLI KABUPATEN JEMBER

Rif’atul, Ummah (2023) PENANGANAN KREDIT MACET PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA DI UNIT AJUNGMANGLI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIF’ATUL UMMAH _201105010010.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rif’atul Ummah, Moch Chotib, 2023 : Penanganan kredit macet pada PT. Bank
Rakyat Indonesia di Unit Ajungmangli Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Penanganan, Kredit Macet.

Di dalam dunia perbankan, temasuk Bank BRI dalam mengelola perkembangan perbankan salah satunya dengan pemberian kredit. Kredit yang sudah diberikan kepada debitur tentunya tidak semua bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan, dalam pembayarannya sering kali debitur terlambat sehingga kredit tersebut bermasalah. Kredit macet atau biasa disebut (NPL) Non Performing Loan merupakan gagalnya pembayaran atau kredit oleh debitur yang telah di sepakati oleh dua belah pihak, untuk melunasi kredit yang dipinjam dalam jangka waktu dan jumlah bunga yang telah sepakati, kredit macet ini diakibatkan oleh adanya faktor kesengajaan atau faktor eksternal diluar kendali debitur

Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan beberapa permasalahan, diantaranya: a). Apa saja faktor penyebab terjadinya kredit macet pada Bank BRI di Unit Ajungmangli?, b). Bagaimana strategi penanganan kredit macet pada Bank BRI Unit Ajungmangli?.
Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui apa saja faktor penyebab kredit macet sehingga dapat meningkatkan NPL. Agar dapat mengetahui strategi penanganan seperti apa yang akan dilakukan oleh Bank BRI jika terjadi kredit macet.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa a). faktor penyebab terjadinya permasalahan kredit macet di Bank BRI Unit Ajungmangli terdapat faktor internal yang terjadi dikarenakan nasabah itu sendiri secar sengaja dan eksternal yang terjadi karena diluar kendali nasabah seperti kebangkrutan, bencana alam, b). Penanganan kredit macet yang dilakukan oleh Bank BRI Unit Ajungmangli ialah melakukan 3 R yaitu Restructuring dan Recaplitulazition (restruk dan rekapitulasi yaitu upaya penyehatan struktur pendanaan perusahaan), Reshedulling (penjadwalan kembali), Reconditioniong (Penataan kembali persyaratan kredit). Dari ketiga strategi tersebut yang paling efektif dilakukan yaitu restruk dan rekapitulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: MS Rif’atul Ummah
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:42
Last Modified: 22 Dec 2023 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30759

Actions (login required)

View Item View Item